Detail Karya Ilmiah

  • Self Esteem Remaja SMA Jurusan IPA dan IPS dalam Interaksi Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif pada Remaja SMA Antartika Sidoarjo)
    Penulis : Dita Mutiara Sari
    Dosen Pembimbing I : Netty Dyah Kurniasari, S.Sos.,M.Med.Kom
    Dosen Pembimbing II :Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos.,M.Si
    Abstraksi

    Harga diri sangat penting karena keberhasilan tumbuh untuk menjadi sukses. Ketika harga diri dipandang positif maka sesuatu di kerjakan akan positif, namun ketika harga diri di pandang negatif maka segala sesuatu yang dilakukan akan menjadi negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepercayaan diri (Self Esteem) remaja jurusan IPA dan IPS dalam berinteraksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan fenomenologi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis interpretatif IPA (Interpretative Phenomenological Analysis) serta uji keabsahan data dengan pengamatan dengan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga diri anak IPA cenderung lebih positif di bandingkan anak IPS dalam meraih cita – cita. Anak IPA lebih yakin dalam meraih cita – cita yang mereka inginkan di bandingkan anak IPS. (2) Tingkat harga diri anak IPS cenderung lebih positif di bandingkan anak IPA dalam hal interaksi sosial. Anak IPS cenderung lebih mudah bergaul dengan seseorang di bandingkan anak IPA. Kata kunci: Self Esteem, Remaja, Interaksi Sosial

    Abstraction

    Self-Esteem is very important because success grows to be successful. When self-esteem is seen as positive the something in doing will be positive, but when self-esteem in negative then everything done will be negative. This study aims to find how much confidence (Self Esteem) teenagers majoring in science and social studies in social interaction. The method used in this research is purposive sampling technique, and the type of research used is descriptive method with qualitative and phenomenology approach. Data analysis of OPA (Interpratative Phenomenological Analysis) and test data validity by observation with interview data and documentation. The results of this study indicate that: (1) The self-esteem of children Science tends to be positive in comparison with children of Social in achieving ideals. Science children are more confident in achieving the ideals they want in comparison with children Social. (2) The level of self-esteem of an Social child tend to be positif than that of a chlid of Science in terms of social interation. Children of Social tend to be more sociable with someone than a child’s Science. Keywords: Self-esteem, Adolescence, Social Interaction.

Detail Jurnal