Detail Karya Ilmiah
-
Literasi Media Pada Remaja Heavy User Dalam Menanggapi Informasi Hoax Melalui Media Sosial Facebook (Studi Deskriptif Pada Pelajar SMPN 2 Bangkalan)Penulis : Muhammad Fachruli RachmanDosen Pembimbing I : Surokim, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini meniliti tentang kemampuan literasi media anak dalam menanggapi informasi hoax melalui media sosial facebook. Untuk subjek penelitiannya, peneliti akan meneliti beberapa pelajar SMP 2 Bangkalan yang baru pertama kali menggunakan facebook, dengan alasan mencoba mengetahui tingkat pemahaman dan melek media pelajar yang saat ini sedang maraknya informasi hoax yang tersebar di media sosial. Selain itu pelajar SMP adalah masa-masa peralihan antara anak-anak menuju proses keremajaan, dengan demikian rasa keingintahuan serta pola pikir anak mulai berkembang mengikuti era saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi media pelajar SMP dalam menanggapi informasi hoax melalui facebook. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima informan terdapat tiga subjek yang memiliki analisis yang cukup kritis dan dapat mengidentifikasi serta mengevaluasi dampak dari informasi hoax. Sedangkan dua dari lima informan memiliki analisis yang masih perlu peningkatan dalam proses belajar serta berpikir kritis. Kata Kunci : Literasi Media, Facebook, Informasi Hoax, Pelajar
AbstractionABSTRACT This study, reviewed the ability of children's media literacy in response to hoax information through social media facebook. For the subject of his research, researchers will examine some students of SMP 2 Bangkalan the first time using facebook, with the reason to try to know the level of understanding and literate media students who are currently rampant hoax information spread across social media. In addition, junior high school students are the transitional period between children toward the process of youth, so the sense of curiosity and the mindset of children began to develop following the current era. This research uses descriptive qualitative research method with case study approach. This study aims to determine the media literacy of junior high school students in responding to hoax information through facebook. Data collection techniques that researchers use are methods of observation, interviews, and documentation. The result of data analysis from this research shows that from five informants there are three subjects that have a critical analysis and can identify and evaluate the impact of hoax information. While two of the five informants have an analysis that still needs improvement in the learning process and critical thinking. Keywords : Literacy Media, Facebook, Information Hoax, Student