Detail Karya Ilmiah

  • KOMUNIKASI NON VERBAL KELUARGA DIFABEL (Studi Fenomenologi Orang Tua Penyandang Tunarungu Dalam Mengajarkan Life Skill kepada Anaknya Yang Terlahir Normal)
    Penulis : Imam Wahyudi
    Dosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos,. M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi non verbal keluarga difabel tuna rungu dalam mengajarkan life skill pada anaknya dengan pendekatan fenomonologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan asumsi bahwa manusia berusaha memahami dunia dengan menginterpretasikan peristiwa yang terjadi dan pengalaman. Pemilihan informan dalam penelitian menggunakan cara porposive sampling yaitu pengambilan sampel yang secara sengaja disesuaikan dengan kriteria penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini adalah dari keluarga difabel suami istri yang menyandang tuna rungu anak yang terahir normal dalam berinteraksi sesama orang maupun keluarganya dari semua responden menggunkan bahasa isyarat. Dalam mengajarkan life skill semua responden menggunakan bahasa isyarat seperti ketika anak mintak makan, sholat, dan mendidik anak yang baik akan tetapi orang tua difabel dibantu dengan nenek dan saudaranya. Ada faktor penghambat ketika orang tua difabel mengajarkan life skill kepada anaknya yaitu ganngguan yang disebabkan suara gaduh dan gangguan orang ketiga ketika sedang berinteraksi, dan faktor pendukung dari komunikasi non verbal menggunakan tulisan yang mempermudah proses komunikasi yang sedang berlangsung. Kata kunci : komunikasi nonvebal, teori interaksionisme simbolik, keluarga difabel.

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to find out how non-verbal communication of deaf family in teaching their children life skill using phenomenology approach. This research uses qualitative method with phenomenology approach with assumption that human being tries to see the world by interpreting event and experience. Selection of informants in the study uses the method of sampling. It is a sampling which is purposely tailored with thecriteria of the study. The data collection techniques use 2 in-depth interview technique, documentation and observation. The data analysis uses qualitative technique with the stages of data collection, data reduction, data display and verification and affirmation of conclusion. To maintain the data validity, the researcher uses triangulation technique and member check. The results of this study show thatdeaf parentswho have normal children in interacting with each other and their families from all responses use sign language. In teaching the life skills, all respondents use sign language such as when children eat, pray, and educate a good child but parents with disabilities assisted bytheir grandmother and brother. There is an inhibiting factor when parents with disabilities teach life skill to their children. It is caused by noise and interference from third person while interacting, and the supporting factor of non-verbal communication is by using writing whicheases the ongoing communication process. Keywords: Non-verbal communication, symbol theory interacksionisme, family with disabilities

Detail Jurnal