Detail Karya Ilmiah

  • Opini Pelanggan Tentang Kualitas Layanan PLN (Survei Perusahaan Listrik Negara PT. Persero UPJ Sampang)
    Penulis : Anna Rustina
    Dosen Pembimbing I : Muhtar Wahyudi, S.Sos.,M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan Opini Pelanggan tentang kualitas pelayanan Perusahaan Listrik Negara. Pelayanan yang diberikan perusahaan akan memberikan efek positif ataupun negatif. Manfaat penelitian ini adalah untuk evaluasi bagi perusahaan dan pelanggan menjadi mengetahui kualitas pelayanannya. Semua hal tersebut tergantung dari pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Perusahaan yang ingin mempertahankan pelanggannya harus memberikan pelayanan yang baik. Kualitas layanan termasuk dalam elemen yang diperlukan untuk memuaskan tujuan pelanggan (Saleh; 2010:99). Metode peneitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Multistage Randem Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hal ini akan lebih menjelaskan, jika terbentuknya opini masyarakat tentang kualitas layanan Perusahaan Listrik Negara PT. Persero UPJ Sampang. Hasil dari penelitian ini adalah fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan masih bernilai cukup lengkap dan cukup memuaskan. Karena, masih saja terjadi permasalahan dari kelistrikan maupun pelayanannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan dalam sistem pelayanan dan sumber daya manusia. Kata Kunci : Opini Masyarakat, Kualitas Pelayanan.

    Abstraction

    This research aims to know and explai the opinion of Customers about the quality of the service of the State electrical Company. The given service will give the company a negative or positive effect. The benefits of this research is to evaluate the company and customers into knowing the quality of service. All of these depend on the services provided by the company. Companies that want to maintain its customers need to provide good service. The quality of the services included in the elements that are necessary to satisfy the purpose of Subscriber (Saleh; 2010:99). The method of research done using quantitative methods with Multistage Sampling Randem techniques and data collection using the questionnaire. This will better explain, if the formation of the opinion of the community about the quality of service of State electricity company PT. Persero UPJ Sampang. The results of this research are the facilities provided and the service provided is still worth a fairly complete and quite satisfactory. Because, still occur from electrical problems or his Ministry. Therefore, the need for improvement in the system of service and human resources. Keywords: Public Opinion, Service Quality.

Detail Jurnal