Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Era digital telah mengubah pola komunikasi masyarakat saat ini, khususnya dalam menjalankan suatu bisnis. Saat ini banyak para pelaku bisnis memanfaatkan internet untuk melakukan promosi, khususnya di media sosial Instagram. Hal ini seperti yang dilakukan oleh usaha penjualan dan persewaan kamera di Bojonergoro,Omah Kamera. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud menegtahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram yang dilakukan Omah Kamera sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram yang dilakukan oleh Omah Kamera sebagai media promosi lebih ditujukan sebagai strategi komunikasi pemasaran yang di dalamnya terdapat empat unsur bauran pemasaran (promotion mix), yaitu: product, price, place, dan promotion. Adapun pemanfaatan yang dilakuakn Omah Kamera dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi, diantaranya yaitu sebagai media pemasaran, komunikasi online dengan pelanggan, serta sebagai bisnis online yang cukup menjanjikan. Kata Kunci: Instagram, Media Promosi, Omah Kamera, Promotion Mix, Komunikasi pemasaran

    Abstraction

    The digital age has changed the pattern of community communication today, especially in running a business. Currently, many business people use the internet to do promotion, especially in social media Instagram. This is just like the sales and rental efforts of cameras in Bojonergoro, Omah Kamera. In this study, researchers intend to know how the use of social media Instagram Omah Kamera done as a media campaign. This research uses descriptive qualitative research method with data collection techniques in the form of interview, observation, and literature study. The results showed that the use of social media Instagram made by Omah Kamera as a media campaign is more intended as a marketing communication strategy in which there are four elements of marketing mix (promotion mix), namely: product, price, place, and promotion. The use of Omah Kamera in using Instagram as a media campaign, including as a media marketing, online communication with customers, as well as a promising online business. Keywords: Instagram, Promotion Media, Omah Camera, Promotion Mix, Marketing Communication

Detail Jurnal