Detail Karya Ilmiah

  • PERSONAL BRANDING SELEBGRAM PRIA FEMINIM
    Penulis : Hana amatu jannah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Aktualisasi diri akan membentuk sebuah citra/ image (branding) sesuai yang diinginkan, karena para followers atau pembaca pesan melalui apa yang di posting melalui Instagram mampu membentuk persepsi sesuai dengan citra/image (branding) yang akan dibentuk. Pada manusia brand yang melekat pada dirinya disebut personal branding. personal branding bertujuan untuk membangun asosiasi dan harapan pada masyarakat terhadap diri seseorang. personal branding adalah cerminan dari kemampuan, keunggulan dan reputasi seseorang yang mana mampu menunjukan keistimewaan dan keunggulan seseorang dalam bidang tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding selebgram pria feminim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode fenomenologi dengan pendekatan kualitatif dan fenomenologi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis interpretatif IPA (Interpretative Phenomenological Analysis) serta uji keabsahan data dengan pengamatan dengan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Membangun brand identity. (2) Mengembangkan brand positioning (3) mengevaluasi citra merk (brand image) (4) pemanfaatan new media dan personal branding yang meliputi Instagram sebagai sarana personal branding, kearifan local dalam personal branding. Kata kunci: Personal Branding, New Media, Instagram. Fenomenologi

    Abstraction

    ABSTRACT Self actualization will create an image(branding) as desired, because the followers or the reader of a message through a post in Instagram is able to create perception as same with image(branding) that will created. Personal branding aims to build associations and hope in society to individual/ personal. Personal branding is reflection of skill, excellence and reputation of someone that able to show the privileges and excellences in certain aspect. This observation aims to know personal branding of feminine boy as a celebrity in Instagram (selebgram). Method that used in this observation is qualitative and the kind of the observation that used is phenomenology method with qualitative and phenomenology approach. Data analysis techniques using Interpretative Phenomenological Analysis also validity test of data with observation by using interviews and documentations. The results of observation shows that : (1) Build brand identity (2) Develop brand positioning (3) Evaluate image of a brand ( brand image) (4) Utilization new media and personal branding that covered Instagram as media personal branding, local wisdom in personal branding. Keywords: Personal Branding, New Media, Instagram, phenomenology

Detail Jurnal