Detail Karya Ilmiah

  • Perlawanan Guru Eks Gangguan Jiwa terhadap Stigma Masyarakat (Studi Biografi Guru Eks Gangguan Jiwa di Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang)
    Penulis : Reza Rizqiah Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Rosyadi., S.S., M.Si., Ph.D
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Reza Rizqiah Rohmah. 13.05.2.1.1.001.19. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini berjudul Perlawanan Guru Eks Gangguan Jiwa terhadap Stigma Masyarakat (Studi Biogragi di Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang) di bawah bimbingan Bapak Khoirul Rosyadi, S.S, M.Si, Ph.D. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa bentuk perlawanan guru eks gangguan jiwa terhadap stigma masyarakat di Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Serta mampu membantu mengubah stigma negatif yang selama ini telah terkonstruksi dalam pola pikir masyarakat. selain itu, penelitian ini juga sebagai wujud kepedulian terhadap guru eks gangguan jiwa yang mendapatkan stigma dari masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi biografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk pemilihan informan peneliti mengguanakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan dan dipertimbangkan. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubermen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori yang digunakan adalah teori perlawanan James Scoot. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk perlawanan dari guru eks gangguan jiwa terhadap stigma masyarakat. perlawanan yang digunakan adalah dengan menggunakan perlawanan secara tertutup atau smbunyi-sembunyi yakni dengan bersikap diam, acuh-tak acuh, dan melakukan kegiatan positif . Guru eks gangguan jiwa merasa bahwasannya perlawanan secara tertutup atau sembunyi-sembunyi adalah pilihan yang tepat baginya. Karena dengan diam setidaknya dapat meminimalisir adanya stigma yang beredar di masyarakat tentang dirinya dan tetap dapat hidup dalam sistem masyarakat. Perlawanan secara tertutup atau sembunyi-sembunyi juga sudah membuktikan bahwa dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa menimbulkan adanya huru-hara atau pemberontakan. Guru eks gangguan jiwa sadar bahwa keadaannya dan keberadaannya tidak dapat diterima masyarakat secara langsung, akan tetapi semua itu membutuhkan proses sedikit demi sedikit. Tujuan dari perlawanan guru eks gangguan jiwa adalah untuk menghapus dan melawan stigma buruk yang disandang olehnya sebagai seorang guru yang pernah mengalami gangguan jiwa serta membuktikan kepada masyarakat bahwa dia mempunyai hak untuk kehidupan yang layak, berbaur dengan masyarakat, mendapatkan kesejahteraan, dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi individu yang lebih baik lagi. Seiring berjalannya waktu masyarakat pasti akan menyadari bahwa keberadaan dari guru eks gangguan jiwa tidak selalu membawa dampak yang buruk bagi lingkungan sekitar. Kata kunci : Perlawanan, stigma, eks gangguan jiwa. ?

    Abstraction

    ABSTRACT ABSTRACT Reza Rizqiah Rohmah. 13.05.2.1.1.001.19. Sociology Study Program, Faculty of Social and Cultural Sciences, Trunojoyo University of Madura. This thesis entitled Resistance of Ex-Mental Disorder Teachers to the Stigma of the Community (Study of Biographies of Ex-Mental Disorder Teachers in Sumber Mulyo Village, Jogoroto Sub-district, Jombang Regency) under the guidance of Mr. Khoirul Rosyadi, S.S, M.Si, Ph.D. The purpose of this study is to find out the form of resistance of ex-mental teachers against the stigma of the community in Sumber Mulyo Village, Jogoroto District, Jombang Regency. This research method using qualitative research method with biography study approach. Data collection techniques used observation techniques, in-depth interviews and documentation. For the selection of informants researchers mengguanakan purposive sampling technique with criteria that have been determined and considered. Data analysis using Miles and Hubermen techniques. Techniques of examining the validity of data using triangulation of sources, as for the source of the community and local village devices. The theory used is the theory of resistance James Scoot. The results of this study indicate the form of resistance from ex-mental teachers to the stigma of society. The resistance that is used is by using a closed or secret resistance that is by being silent, indifferent, and doing positive activities. The ex-mental disorder teacher feels that his opposition in closed or secret is the right choice for hi because ex-mental disorder teacher think that at least silence can minimize the stigma that circulates in society about him and can still live in the society system. A closed or secret resistance has also proved that it can be used for long periods without causing riots or rebellion. The ex-mental disorder teacher is aware that his circumstances and existence are unacceptable to society directly, but they require little by little. The objective of the ex-mental disorder teacher's resistance is to remove and resist the bad stigma that he carries as an ex-mental disorder teacher and prove to the public that he has a right to a decent life, to mingle with society, to gain prosperity, and to have the opportunity to become a Better individuals. Over time, the society will surely realize that the existence of an ex-mental disorder teacher does not always bring a bad impact to the surrounding environment. Keywords: Resistance, stigma, teacher, ex-mental disorder.

Detail Jurnal