Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Luqi Rosdiana.13.05.211.00097. Program Studi Sosiologi. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Retardasi Mental (Studi Kasus Orang tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (Retardasi Mental) di SDLB Negeri Keleyan, Socah - Bangkalan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua melakukan peranannya dalam keluarga. Sedangkan peran yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah peranan orang tua dalam pendidikan anak yang memiliki keterbatasan yakni retardasi mental. Penelitian ini bertujuan agar mengetahui proses-proses yang dilakukan orang tua dalam merawat anak sampai dengan memberikan kesempatan pendidikan terhadap anak yang mempuyai retardasi mental sekalipun. Untuk mendalami hal tersebut peneliti menggunakan Teori Pilihan Rasional James S. Coleman. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SDLB Negeri Keleyan, Socah, Bangkalan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sebuah pendekatan yaitu studi kasus, informan yang dipilih dalam penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling. Sumberdata penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara semi-struktur, dan kajian pustaka. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Haberman serta untuk teknik pemeriksaan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua telah melakukan peranannya dalam memberikan pendidikan pada anak retardasi mental melalui beberapa proses penyembuhan, antaralain orang tua memberikan pengobatan kepada anak retardasi mental baik dengan cara teraphy, datang pada orang alim (pak yai) yang di anggap dapat menyembuhkan. Kemudian setelah itu orang tua baru memilihkan pendidikan terhadap anak yang sesuai dengan kemampuannya yakni dalam lembaga pendidikan SDLB Negeri Keleyan, Socah, Bangkalan. Selain dengan memilihkan pendiikan orang tua juga memberikan pendidikan tambahan pada anak retardasi mental tersebut seperti mengikuti les, dan pendidikan madrasah untuk menambah pengetahuan agama. Kata kunci : Peran Orang Tua, Pendidikan, Anak Retardasi Mental.

    Abstraction

    ABSTRACT Luqi Rosdiana. 13.05.211.00097. Sociology study program. Parent Role in Child Mental Retardation Education (Case Study Of Parents With Children Special Need (Mental Retardation) at SDLBN Keleyan Socah) The purpose of this study was to find out how parents who have children of the limitations of mental in doing it’s role in the family. This study aims to know the processes that parents do in caring for children to provide educational apportunities for children to have retardation mental. to explore that the researcher use rational choice theory James S. Coleman. The subject of this study are parents who have children mental retardation in SDLB Negeri Keleyan, Socah, Bangkalan. The method is kualitatve method using case study aproach. Chosen informan is based on purposive sampling technique. Sourch of study is gotten from primer and sekunder data. Collecting research data uses observation participant, semi structured interview, and study literature. Data analysis uses Miles dan Haberman concept while investigation technique of validity data using triangulation source. The result showed that parents have done their role in providing education to children mental retardation trough some healing proses, there are parents give treatment to children mental retardation either by way of theraphy, come to the alim person (pak yai) which is considered can heal. Then after that the new parents choose education for children in accordance with the ability. That is in educational institutional SDLB Negeri Keleyan, Socah, Bangkalan. Inretradation such as tutoring, and Islamic school to increase religious knowledge. Key words: role of parent, education, child mental retardation

Detail Jurnal