Detail Karya Ilmiah

  • PENDIDIKAN YANG MEMBEBASKAN (STUDI KASUS TERHADAP KONSEP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA)
    Penulis : hajjar wahyu ismaya
    Dosen Pembimbing I : khoirul rosyadi Ph., D
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Hajjar Wahyu Ismaya, 130521100067. Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Budaya, Universtias Trunojoyo Madura. Skripsi ini tentang Pendidikan yang Membebaskan (Studi Kasus Terhadap Konsep Pendidikan Sekolah Dasar di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya) dibawah bimbingan Khoirul Rosyadi, Ph. D. Sekolah alam merupakan sekolah yang mempunyai keunikan dalam konsep pendidikan. Metode pembelajaran dikaitkan pada alam terbuka dengan tujuan agar peserta didik dapat mengaplikasikan bentuk kegiatan secara langsung yang berkesinambungan dengan kehidupan sosial. Sekolah yang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui konsep pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melalui metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling kemudian data yang diperoleh dianalisa menggunakan teori Paulo Freire. Paulo Freire menjelaskan bahwa pendidikan yang selama ini diterapkan adalah pendidikan gaya bank yang dikritik olehnya. Pendidikan tersebut tidak menghantarkan peserta didik pada kebebasan yang hirarki. Kemudian Paulo Freire menciptakan sebuah pendidikan pembebasan yaitu sebuah pendidikan yang lebih memanusiakan manusia untuk berpikir secara kritis dan sadar akan kemampuan dirinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Alam mampu secara kritis membebaskan peserta didik dari belenggu yang selama ini diterapkan oleh sistem sekolah. Sekolah alam menciptakan model sekolah yang sedemikian rupa dari konsep, kurikulum, metode, proses pembelajaran, pendidikan, dan kreatifitas merupakan bentuk perubahan dari pendidikan sebelumnya yang dianggap kurang mampu menjawab persoalan mengenai kemampuan dari manusia itu sendiri. Kata Kunci: Pendidikan Anti Diskriminasi, Membebaskan, Humanis, Kritis, dan Kreatifitas

    Abstraction

    ABSTRACT Hajjar Wahyu Ismaya. 130521100067. Sociology Study Program, Faculty of Social Science of Cultural Sciences, Trunojoyo University of Madura. This thesis is about Liberation Education (Case Study of Primary School Education Concept at Alam Insan Mulia School Surabaya) under the guidance of Khoirul Rosyadi, Ph. D Natural school is a school that has a unique concept in education. Learning method is linked to the open environment with the aim that learners can apply the form of activities directly in a sustainable with social life. The purpose of this study is to find out the concept of education Elementary School, School of Nature Insan Mulia Surabaya. This research uses descriptive qualitative research type with case study approach, through data collection method of observation, interview, and documentation. Determination of informants by using purposive sampling then the data obtained is analyzed using Paulo Freire's theory. Paulo Freire Explained that the education that has been applied is the style of bank education criticized by him. The education does not deliver learners to a hierarchical freedom. Then Paulo Freire created a liberation education that is an education that is more humanizing human beings to think critically and aware of his ability. The results of this study indicate that the School of Nature is able to critically liberate learners from the shackles that have been applied by the school system. Natural schools create a model of school in such a way from the concepts, curriculum, methods, learning process, education, and creativity is a form of change from previous education that is considered less able to answer the question of the ability of the human itself. Keywords: Anti- Discrimination Education, Freeing, Humanist, Critical, and Creativity

Detail Jurnal