Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN MONOGAME FRAMEWORK
    Penulis : AHMAD SULTONI
    Dosen Pembimbing I : MUHAMMAD FUAD, S.KOM., MT.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi. Selain digunakan sebagai media berkomunikasi teknologi informasi juga berperan sebagai media hiburan. Salah satu layanan yang sangat digemari pada pada saat ini adalah permainan. Dalam hal ini permainan tidak hanya digunakan untuk menghibur tapi juga digunakan sebagai media yang memberi pelajaran. Pada saat ini kebanyakan anak-anak merasa jenuh dan malas dengan pembelajaran konvensional dan merasa lebih menyukai bermain daripada belajar. Pembelajaran matematika yang interaktif menggunakan media elektronik saat ini seperti game edukasi masih jarang ditemui. Game edukasi matematika ini dibuat untuk memotifasi anak untuk belajar matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Diharapkan anak-anak memiliki semangat belajar dengan menerapkan pembelajaran di dalam game. Berdasarkan dari permasalahan di atas, penulis bertujuan mengangkat judul tugas akhir “Rancang Bangun Game Edukasi matematika Menggunakan MonoGame Framework” Permainan ini dirancang untuk dimainkan di komputer. Permainan yang dikembangkan merupakan permainan matematika yang berisi materi matematika untuk usia 7 -12 tahun. Permainan memiliki 6 stage yang dapat dipilih oleh pemain sesuai tingkatannya. Permainan ini dibangun dengan menggunakan Framework dari MonoGame dengan bahasa pemrograman C#. Pembuatan permainan ini bertujuan untuk menarik minat anak-anak dalam belajar matematika.

    Abstraction

    The current technological development has given the huge influence to the world of information technology. In addition to being used as a medium to communicate information technology also serves as a medium of entertainment. One of the services that are very popular at the moment is the game. In this game is not only used for entertaining but is also used as a medium that gives lessons. At this time most kids feel saturated and lazy with the conventional learning and feel more like playing than learning. Interactive math learning using electronic media such as educational games currently still rare. Educational math game is made for memotifasi children to learn math is becoming more interesting and fun. Expected children have learned by applying the learning in games. On the basis of the above problems, the author aims to lift the title of the thesis "Educational mathematics Game Architecture Using MonoGame Framework" game designed to be played on the computer. Games developed is a math game math contains material for ages 7-12 years. The game has 6 stages that can be selected by the appropriate level player. The game is built using the Framework of the C # programming language with MonoGame. Making this game aims to attract children's interest in learning mathematics.

Detail Jurnal