Detail Karya Ilmiah

  • MEDIA PEMBELAJARAN SUBSTANSI MATERI GENETIK BERBASIS ANDROID
    Penulis : Anggrayta Cinthya Febriani
    Dosen Pembimbing I : Imamah, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Biologi merupakan mata pelajaran yang memuat banyak materi seperti mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan dan evolusi. Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Untuk dapat menguasai materi biologi dengan baik memerlukan metode khusus yaitu dengan cara pembelajaran yang intensif dan melakukan percobaan. Penelitian ini brtujuan untuk pembuatan aplikasi pembelajaran biologi berbasis Android untuk siswa-siswi kelas XII SMA. Dengan adanya media pembelajaran ini, pengguna terutama siswa siswi SMA dapat lebih mudah mempelajari biologi. Pembuatan media pembelajaran ini dilakukan dengan cara pendefinisian, perencanaan, serta pembuatan aplikasi. Perencanaan pembuatan media ini dengan cara pengumpulan data, berupa data kualitatif yang selanjutnya akan dikembangkan menjadi sebuah aplikasi dan menggunakan bahasa pemrograman eclipse. Kata kunci : Android, Aplikasi, Biologi, Media Pembelajaran

    Abstraction

    Biology is a subject that contains a lot of material such as studying the life and living organisms, including structure, function, growth and evolution. Biology generally recognize the cells as basic units of life, genes as the basic unit of inheritance, and evolution as a mechanism to encourage the creation of new species. To be able to master the biological material with either require special method is by way of intensive learning and experimenting. This study brtujuan to manufacture biological Android-based learning application for students of class XII High School. Given this learning media, especially the high school students can more easily study biology. Making learning media is done by defining, planning, and application creation. Planning manufacture these media by collecting data, in the form of qualitative data that will be developed into an application and using a programming language Eclipse. Keywords: Android, Applications, Life Sciences, Media Education

Detail Jurnal