Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN ANALISIS KONJOIN DALAM MENENTUKAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP BEBEK KAMPUS (Studi Kasus : Divisi Kewirausahaan Bebek Kampus SISMAN)
    Penulis : Mu'minatus Sofiyah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Issa Dyah Utami, S.T., M.T., Ph.D.
    Abstraksi

    Penelitian ini membahas tentang preferensi konsumen terhadap bebek kampus yang diproduksi oleh laboratorium sistem manufaktur Universitas Trunojoyo Madura. Metode yang digunakan dalam menentukan preferensi yaitu analisis konjoin. Ada 2 macam variabel yang digunakan yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel independen meliputi kehalalan, rasa, higienitas, harga, kualitas, dan tingkat kematangan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan yaitu preferensi konsumen terhadap bebek kampus SISMAN. Hasil yang didapatkan yaitu 2 kartu stimuli bebek yang disukai oleh konsumen yaitu pada kartu stimuli 3 (kehalalan pada bahan yang digunakan, rasa pedas, higienis dalam proses, kualitas bebek, harga Rp 75000, matang) dan kartu stimuli 8 (kehalalan pada proses pembuatan, rasa pedas, higienis dalam kemasan, kualitas bebek, harga Rp 70000, matang). Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui posisi usaha terletak pada kuadran berapa serta mengetahui manajemen strategi yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan penelitian menggunakan analisis SWOT maka diketahui posisi usaha berada pada kuadran II sehingga strategi yang harus dilakukan yaitu menetapkan dan mempertahankan harga pasar yang bersaing dan meningkatkan promosi. Kata Kunci : Analisis Konjoin, SWOT, Bebek Kampus.

    Abstraction

    This research discusses about consumer preference to duck campus which is produced by laboratory of manufacturing system of Universitas Trunojoyo Madura. The method used in determining preferences is conjoint analysis. There are 2 kinds of variables used are dependent variable and independent variable. Independent variables include halalness, taste, hygiene, price, quality, and maturity level. While the dependent variable used is consumer preference to duck campus SISMAN. The results obtained are 2 cards of duck stimulant favored by the consumer that is on the stimuli card 3 (halal on the materials used, spicy, hygienic in process, duck quality, price Rp 75000, mature) and stimuli card 8 (halal on the process of making, Spicy taste, hygienic in packaging, duck quality, price Rp 70000, mature). After that done SWOT analysis to know the business position lies in the quadrant how and know the management strategy to be done to increase sales. Based on the research using SWOT analysis, it is known that the business position is in quadrant II so the strategy must be done is to establish and maintain the competitive market price and increase the promotion. Keywords: Conjoint Analysis, SWOT, Campus Duck.

Detail Jurnal