Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Operator Seluler Tri Menggunakan Analisis Kluster Dan Diskriminan (Studi Kasus Kabupaten Jombang)
    Penulis : Putri Noviyanti Maghfiroh
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si., M.T
    Dosen Pembimbing II :Ari Basuki, S.T., M.T
    Abstraksi

    Salah satu implementasi terhadap perkembangan komunikasi berupa alat dari industri teknologi komunikasi yang dibutuhkan bagi masyarakat adalah telepon seluler atau ponsel. Bisnis telepon seluler tersebut akan berpengaruh terhadap pasar operator seluler. Tri adalah salah satu merek operator seluler yang berada di peringkat 4 dalam Top Brand Index (TBI) untuk kategori simcard prabayar per tahun. Merek tersebut memang meningkat dari tahun ke tahun dibandingkan dengan merek operator lain, tetapi besar peningkatan yang dialami cenderung menurun, sehingga dikhawatirkan akan mengubah pola peningkatan yang awalnya trand naik menjadi landai hingga berpotensi menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi agar dapat meningkatkan kepuasan terhadap produk tersebut yakni dengan memperkuat ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan analisis cluster untuk mengklasifikasikan menjadi tiga tingkat kepuasan yakni tidak puas, cukup puas dan sangat puas, kemudian melakukan analisis diskriminan untuk menganalisis variabel ekuitas merek. Sehingga diperoleh 14 variabel yang dapat membedakan antar tingkat kepuasan konsumen operator seluler Tri dan dua fungsi diskriminan dengan nilai cross-validated sebesar 91,8% yang berarti fungsi diskriminan memiliki ketepatan tinggi atau layak dalam mengklasifikasikan ketiga kategori kepuasan konsumen. Kata Kunci : Ekuitas Merek, Tingkat Kepuasan, Analisis Cluster, Analisis Diskriminan, Operator Seluler Tri

    Abstraction

    One of the implementation of the development of communication in the form of a tool of the communications technology industry needed for the community is a mobile phone or cell phone. The mobile phone business will affect the mobile operator's market. Tri is one of the top 4 mobile brands in the Top Brand Index (TBI) for the prepaid simcard category per year. The brand is indeed increasing year by year compared to other carrier brands, but the magnitude of the increase experienced tend to decrease, so it is feared will change the pattern of increase that initially trand up to a sloping ramp to potentially decrease. Therefore, a strategy is needed to increase the satisfaction of the product by strengthening brand equity. This study uses cluster analysis to classify into three levels of satisfaction that is not satisfied, quite satisfied and very satisfied, then do discriminant analysis to analyze brand equity variables. So we get 14 variables that can differentiate between consumer satisfaction level of Tri cellular operator and two discriminant function with cross-validated value equal to 91,8% which means discriminant function has high accuracy or feasible in classifying the three categories of customer satisfaction. Keywords: Brand Equity, Satisfaction Level, Cluster Analysis, Discriminant Analysis, Cellular Operator Tri

Detail Jurnal