Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Usabilitas pada Mobile Banking (Studi kasus : Bank XXX)
    Penulis : Khalif Rifqy R.
    Dosen Pembimbing I : Mahrus K. Umami S.T., M.sc., P.hd
    Dosen Pembimbing II :Teguh Prasetyo S.T., M.T.
    Abstraksi

    Mobile Banking merupakan terobosan baru pada sebuah sistem perbankan dimana nasabah tidak perlu lagi melakukan layanan pada bank dengan datang langsung ke bank, namun menggunakan perangkat smartphone yang harus terhubung pada jaringan internet. Pada tahun 2015 nasabah di Indonesia sekitar 60 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yang berjumlah kisaran 250 juta jiwa, namun pengguna Mobile Banking di Indonesia kurang lebih hanya 475.000. Kelebihan yang dimiliki oleh Mobile Banking Bank Mandiri diantaranya adalah melakukan transaksi tanpa harus melalui SMS Banking terlebih dahulu, melakukan transfer dengan nominal minimal 1 rupiah dan tanpa ada biaya tambahan untuk transfer sesame Bank Mandiri. Penelitian ini meneliti tentang usabilitas dari sebuah aplikasi Mobile Banking Bank Mandiri versi 1.0.8 melalui dua cara yakni dengan melakukan beberapa task atau tugas kepada responden, kemudian menyebar kuesioner kepada responden yang sama. Jenis partisipan yang digunakan sebagai responden adalah novice dan expert. Data diolah secara kuantitatif dan kualitatif, pada data kuantitatif menghitung nilai usabilitas pada 5 aspek Learnability, Efficiency, Memorability, Error, dan Satisfaction. Data kualitatif didapatkan dari open-ended question yakni kelebihan, kekurangan, dan usulan perbaikan. Usulan perbaikan tidak secara menah langsung dimasukkan sebagai bahan evaluasi, namun terlebih dahulu diolah dan dikategorikan

    Abstraction

    Mobile Banking is a new breakthrough in a banking system where customers no longer need to perform services on the bank by coming directly to the bank, but using a smartphone device that must be connected to the Internet network. By 2015 customers in Indonesia are about 60 million people from the total population of Indonesia which amounts to about 250 million people, but Mobile Banking users in Indonesia is approximately only 475,000. The advantages possessed by Bank Mandiri Mobile Banking are to conduct transactions without having to through SMS Banking first, transfer with a minimum of 1 rupiah and no additional fee for the transfer of Bank Mandiri sesame. This study examines the usability of a Mobile Banking application of Bank Mandiri version 1.0.8 through two ways by doing some tasks or tasks to the respondent, then spread the questionnaire to the same respondent. Types of participants who are used as respondents are novice and expert. Data is processed quantitatively and qualitatively, on quantitative data calculate the value of reusability on 5 aspects of Learnability, Efficiency, Memorability, Error, and Satisfaction. Qualitative data obtained from the open-ended question of the advantages, disadvantages, and proposed improvement. Proposed improvements are not straightforwardly included as an evaluation material, but first processed and categorized

Detail Jurnal