Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI METODE ANP, GOAL PROGRAMMING DAN TOPSIS UNTUK PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK BATIK PAMEKASANPenulis : Ainol YakinDosen Pembimbing I : Ika Deefi Anna, S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Indra Cahyadi, S.T., M.Bus., P.hD.Abstraksi
Pamekasan merupakan salah satu kota di pulau Madura yang memproduksi batik, akan tetapi kapasitas produksi batik dan hasil penjualannya masih di bawah kabupaten Bangkalan. Oleh karena untuk meningkatkan pemasaran dan brand batik di Pamekasan maka diperlukan beberapa langkah yang harus dilakukan, salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki sistem pemasaran produk batik yang ada di kabupaten Pamekasan. Dalam menentukan strategi pemasaran terbaik, metode yang diadopsi dalam penelitian yaitu integrasi dari metode ANP (Analytic Network Process), Goal Programming dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Dalam penelitian Liao (2016) perpaduan dari ketiga metode tersebut dinilai lebih sinkron digunakan untuk pemelihan strategi terbaik. Metode ANP digunakan untuk menentukan bobot alternatif strategi. Metode Goal Programming digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang akan dipilih dengan mempertimbangkan bobot dan beberapa kendala atau batasan-batasan yang ada di perusahaan. Metode TOPSIS digunakan untuk mencari nilai preferensi (tingkat prioritas) dari setiap kriteria yang mempengaruhi alternatif dengan mempertimbangkan jarak terhadap solusi ideal positif dan jarak terhadap solusi ideal negatif. Sedangkan. Strategi pemasaran terbaik produk batik Pamekasan yaitu strategi focus dengan bobot sebesar 0,2009. Kata kunci: Batik, Strategi Pemasaran, ANP, Goal Programming, TOPSIS
AbstractionPamekasan is one of the cities on the island of Madura producing batik, but the production capacity of batik and its sales are still below the Bangkalan regency. Therefore, to improve the marketing and brand of batik in Pamekasan, it takes several steps that must be done, one of the steps that can be done is to improve the marketing system of batik products in Pamekasan district. In determining the best marketing strategy, the method adopted in the research is the integration of ANP (Analytic Network Process), Goal Programming and TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) methods. In the Liao (2016) study, the combination of these three methods was considered more synchronized for best strategy selection. An ANP method is used to determine alternative weighting strategies. The method of Goal Programming is used to determine the marketing strategy to be chosen by considering the weight and some constraints or limitations that exist in the company. The TOPSIS method is used to find the preference value (priority level) of each criterion that influences the alternative by considering the distance to the ideal positive solution and the distance to the ideal ideal solution. While. The best marketing strategy of Pamekasan batik product is focus strategy with weight equal to 0,2009. Keywords: Batik, Marketing Strategy, ANP, Goal Programming, TOPSIS