Detail Karya Ilmiah

  • OPTIMASI PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK SUMENEP MENGGUNAKAN METODE DEMATEL DAN ANP
    Penulis : Surawati
    Dosen Pembimbing I : Ika Deefi Anna, ST.,MT.
    Dosen Pembimbing II :Indra Cahyadi, ST.,M.Bus
    Abstraksi

    Al-Barokah merupakan sentra batik tulis di kabupaten sumenep, yang terletak di Pakandangan barat, Kecamatan Bluto. Saat ini dari tahun ke tahun persaingan dalam industri batik semakin ketat dan semakin tajam sehingga kondisi seperti ini mengharuskan pemilik dan manajemen batik untuk menentukan strategi yang terbaik, baik dalam mengatasi persaingan maupun untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk batik Al-Barokah. Penelitian ini bertujuan untuk memilih strategi pemasaran yang terbaik dengan menggunakan kombinasi dari dua metode yaitu metode Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL) dan metode Analitycal Network Process (ANP). Metode DEMATEL digunakan untuk menentukan keterkaitan (pengaruh) antar kriteria strategi pemasaran, yang akan membentuk sebuah impact relation map. Sedangkan metode ANP digunakan untuk menyusun suatu prioritas dari alternatif-alternatif strategi pemasaran yang ada melalui perhitungan pembobotan sehingga diketahui bobot setiap alternatif strategi pemasaran berdasarkan atas kriteria yang sudah ada, sekaligus mengetahui bobot terbesar dari alternatif strategi pemasaran yang akan dijadikan sebagai strategi pemasaran terbaik. Dari hasil penelitian ini terpilih strategi terbaik yaitu strategi people.

    Abstraction

    Al-Barokah is a batik center in sumenep district, located in western Pakandangan, Bluto District. Currently from year to year competition in the batik industry is getting tighter and sharper so that these conditions require the owner and management of batik to determine the best strategy, both in overcoming the competition and to increase public interest in Al-Barokah batik products. This study aims to choose the best marketing strategy by using combination of two methods namely Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL) method and Analitycal Network Process (ANP) method. The DEMATEL method is used to determine the interplay (influence) between marketing strategy criteria, which will form an impact relation map. While the ANP method is used to compile a priority of the existing marketing strategy alternatives through weighting calculations so that we know the weight of each alternative marketing strategy based on existing criteria, as well as know the greatest weight of the alternative marketing strategy that will serve as the best marketing strategy. From the results of this study was chosen the best strategy is the people strategy.

Detail Jurnal