Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Konsumen Terhadap Gamis Silmi di Kabupaten Lamongan Meggunakan Konjoin Full ProfilePenulis : Hidayatun Ni'mahDosen Pembimbing I : Dr. Rachmad Hidayat, S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Sabarudin Akhmad, S.T., M.TAbstraksi
Penelitian ini membahas tentang preferensi konsumen terhadap gamis Silmi di Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam menentukan preferensi adalah analisis konjoin. Adapun langkah-langkah dalam analisis konjoin adalah merumuskan masalah, perancangan stimuli, metode pengumpulan data, pemilihan prosedur analisis konjoin, dan intepretasi hasil. Terdapat delapan kartu stimuli yang terbentuk. Hasil yang didapat pada penelitian ini berdasarkan nilai kepentingan bahwa hal yang paling penting dalam membeli gamis yaitu berdasarkan harga (20%), bahan (20%), model (20%), motif (20%), warna (15%). Dan kombinasi yang terpilih yaitu harga dengan harga Rp 230.000 – Rp 250.000, dengan bahan kaos katun twill, model tempelan, motif bunga dengan warna yang cerah.
AbstractionThis research discusses about consumer preference to gamis Silmi in Lamongan regency.The method used in determining preferences is conjoint analysis. The steps in conjoint analysis are formulating problems, stimuli design, data collection methods, selection of conjoint analysis procedures, and interpretation of results. There are eight stimuli cards formed. The results obtained in this study based on the importance that the most important thing in buying gamis is based on price (20%), materials (20%), model (20%), motif (20%), color (15%). And the selected combination is the price of Rp 230.000 - Rp 250.000, with the material of cotton twill cotton, patch model, flower motif with bright colors.