Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (LBB) PRIMAGAMA DENGAN BLUE OCEAN STRATEGYPenulis : SITI MAR'ATUSSOLEHA MUFTIARINIDosen Pembimbing I : FITRI AGUSTINA S.T., M.TDosen Pembimbing II :HERI AWALUL ILHAMSAH S.T., M.TAbstraksi
Dari hasil penelitian untuk menganalisis strategi pengembangan lembaga bimbingan belajar (LBB) yang dilakukan pada LBB Primagama peneliti pengolahan data yang telah dilakukan, ternyata masih terdapat kepentingan pelanggan yang belum dapat terpenuhi oleh pihak Primagama Sampang, hal tersebut dapat kita ketahui dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar 53% yang berdasarkan tabel index CSI masih tergolong dalam kriteria cukup puas. kanvas strategi faktor yang terpilih hanya 5 variabel dari 22 variabel diantaranya yaitu variasi paket program, harga paket program, promosi, waktu belajar, dan pelayanan. Setelah 5 variabel terpilih selanjutnya dilakukan kerangka kerja 4 langkah dengan hasil penelitian penentuan prioritas dan strategi pengembangan LBB Primagama di Kabupaten Sampang dengan metode AHP adalah prioritas strategi pengembangan LBB Primagama di Kabupaten Sampang membandingkan 5 kriteria Pasar, SDM, Sarana dan Prasaranan, Biaya serta Waktu dan 3 alternatif program belajar. Dari perbandingan tersebut diperoleh hasil 0,395 atau 40% untuk open house, 0,355 atau 36% untuk bimbingan belajar online, 0,248 atau 25% untuk belajar weekend. Sehingga program belajar open house menjadi prioritas pertama dan merupakan strategi terpilih dengan bobot potensi strategi terbesar diantara alternatif lainnya. Nilai bobot ini dapat digunakan karena nilai CR semua perbandingan bernilai ? 0,1 sehingga responden konsisten dalam memberikan penilaian. Kata Kunci: Strategi pengembangan, Blue Ocean Strategy (BOS), Importance Performance Analysis (IPA),Analytical Hierarchy Process (AHP)
AbstractionAbstract From the results of research to analyze the development strategy of learning guidance institute (LBB) conducted on LBB Primagama researcher data processing that has been done, it still there is interest of customer which can not be fulfilled by Primagama Sampang, it can we know gorized as quite satisfied. Canvas chosen factor strategy only 5 variables of 22 variables including variation of program package, package program price, promotion, study time, and service. After 5 selected variables then done 4 step framework with result of research of priority determination and development strategy of LBB Primagama in Sampang Regencfrom CSI value that is obtained By 53% which based on the CSI index table is still catey with AHP method is priority development strategy of LBB Primagama in Sampang Regency compare 5 criteria of Market, Human Resources, Facilities and Prasaranan, Cost and Time and 3 alternative learning programs. From the comparison, the result is 0,395 or 40% for open house, 0,355 or 36% for online study guidance, 0,248 or 25% for studying weekend. So that the open house learning program becomes the first priority and is the chosen strategy with the greatest potential weight of strategy among other alternatives. This weight value can be used because CR value of all comparison is ? 0,1 so that respondent is consistent in giving assessment. Keywords: Development strategy, Blue Ocean Strategy (BOS), Importance Performance Analysis (IPA), Analytical Hierarchy Process (AHP)