Detail Karya Ilmiah
-
Srategi Pengembangan Pariwisata Di Sumenep dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT)Penulis : Dwi Nurti YulianiDosen Pembimbing I : Issa Dyah Utami, S.T., M.T., Ph.DDosen Pembimbing II :Heri Awalul Ilhamsah, S.T., M.TAbstraksi
Kondisi geografis di kota Sumenep menyebabkan kota Sumenep memiliki keragaman produk dan potensi pariwisata. Salah satu yang banyak dinikmati oleh wisatawan adalah wisata alam berupa pantai dan pulau, juga wisata religi yang memiliki sejarah dan tak luput juga wisata kuliner yang ada di Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi kawasan wisata dan strategi pengembangan yang selama ini di lakukan oleh kota Sumenep. Penelitian ini fokus pada pengembangan pariwisata yang terletak di Kabupaten Sumenep. Dengan menggunakan metode Analitical Hierarchy Process (AHP) Selanjutnya untuk pariwisata yang terpilih akan dilakukan analisis SWOT Kemudian merumuskan prioritas strategi untuk mengoptimalkan pengembangan dari obyek wisata yang terpilih dengan menggunakan Multi Attribute Utility Theory (MAUT). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa wisata Asta Tinggi merupakan obyek wisata yang memiliki bobot tertinggi. Dengan demikian, wisata Asta Tinggi merupakan obyek wisata terpilih yang akan dikaji dalam penelitian ini. Hasil pengolahan data juga menunjukkan bahwa terdapat 5 strategi yang menjadi prioritas untuk pengembangan obyek wisata Asta Tinggi. Kata Kunci : wisata, Sumenep, AHP, SWOT, Multi Attribute Utility Theory
AbstractionGeographical conditions in the city of Sumenep led to the city of Sumenep has a diversity of products and tourism potential. One of the many enjoyed by tourists is a natural tour of beaches and islands, as well as religious tourism that has a history and not escape also culinary tourism in Sumenep. This study aims to see the potential of tourist areas and development strategies that have been done by the city of Sumenep. This research focuses on tourism development located in Sumenep regency. Using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method Furthermore, for selected tourism will be conducted SWOT analysis Then formulate the priority of strategy to optimize development of selected object by using Multi Attribute Utility Theory (MAUT). The results of data processing shows that Asta High tourism is a tourist attraction that has the highest weight. Thus, Asta High tourism is the selected tourism object that will be studied in this research. The results of data processing also shows that there are 5 priority strategies for the development of Asta High tourism object. Keywords: tourism, Sumenep, AHP, SWOT, Multi Attribute Utility Theory