Detail Karya Ilmiah

  • PENERAPAN METODE OPTIMASI MEDIA SOSIAL TWITTER PADA WEBSITE PENJUALAN ONLINE BATIK MADURA UNTUK MENINGKATKAN PENGUNJUNG
    Penulis : Yulinda Nurhafina
    Dosen Pembimbing I : Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
    Dosen Pembimbing II :Yoga Dwitya Pramudita., S.Kom., M.Cs.
    Abstraksi

    Penjualan melalui internet seperti website telah dilakukan oleh beberapa pengusaha batik di Madura, namun belum memanfaatkan media sosial seperti Twitter dalam mempromosikan website untuk meningkatkan pengunjung. Penggunaan media sosial saat ini juga menjadi kunci dalam mendatangkan pengunjung website. Oleh karena itu, mengoptimalkan media sosial seperti Twitter terhadap website diperlukan untuk membantu mempromosikan website penjualan batik Madura dalam meningkatkan trafik pengunjung. Agar mempermudah pengarahan trafik pengunjung ke website dari media sosial, maka perlu diterapkan metode Social Media Optimization (SMO). Metode ini diterapkan, diuji dan diukur nilai signifikansinya untuk mengetahui pengaruh trafik pengunjung terhadap website penjualan online batik Madura. Dari hasil pengujian yang telah diterapkan metode SMO, pengunjung yang didapat mengalami peningkatan yang signifikan di bulan kedua. Dilihat berdasarkan uji nilai t menggunakan paired t-test dimana korelasi antara sebelum dan sesudah dioptimasi sebesar 2%, dan t hitung 3.548 > t tabel 1.697 dengan nilai signifikansi 0.001 < alfa 0.05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima atau hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode SMO menggunakan Twitter dapat mempengaruhi peningkatan pengunjung meskipun dengan hasil yang ringkas.

    Abstraction

    Internet sales such as websites have been done by some batik entrepreneurs in Madura, but have not used social media such as Twitter in promoting websites to increase visitors. The use of social media today is also a key in bringing website visitors. Therefore, optimizing social media like Twitter against the website is necessary to help promote the Batik Madura sales website in increasing visitor traffic. To facilitate the direction of visitor traffic to the website from social media, it is necessary to apply Social Media Optimization (SMO) method. This method is applied, tested and measured its significance values to know the influence of visitor traffic to the online sales website of Batik Madura. From the test results that have been applied to the SMO method, visitors have gained significant improvement in the second month. Judging by T-value test using T-Test paired where the correlation between before and after is optimized by 2%, and T count 3,548 > T table 1,697 with significance value 0.001 < alfa 0.05, which means H0 rejected and H1 accepted or hypothesized acceptable. This suggests that the SMO method of using Twitter can affect the increase of visitors even with succinct results.

Detail Jurnal