Detail Karya Ilmiah
-
Perancangan Digital Guide Untuk Wisata Madura Berbasis Location Based ServicePenulis : Akhmad MubarokDosen Pembimbing I : Ari Kusumaningsih, S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Eza Rahmanita, S.T., M.T.Abstraksi
Madura memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik. Banyaknya pantai yang eksotis, serta tempat wisata lain yang tidak kalah menarik, membuat Madura memiliki potensi pariwisata yang tinggi. Sayangnya dengan berbagai tempat wisata yang menarik tersebut, masih banyak masyarakat luas yang belum mengetahui lokasi – lokasi wisata tersebut berada, tempat wisata di madura juga membutuhkan wadah promosi untuk menunjang kemajuan wisatanya. Penelitian ini ditujukan untuk membuat aplikasi Digital Guide dengan menggunakan konsep Location Based Service (LBS), LBS digunakan untuk mengetahui informasi suatu lokasi sesuai dengan koordinat tersebut sehingga dapat mengetahui jarak lokasi tersebut dari lokasi pengguna. Teknologi Augmented Reality digunakan pengguna menggunakan kamera smartphone untuk mengetahui letak lokasi wisata yang akan dituju. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapat hasil bahwa pada fitur augmented reality membutuhkan setidaknya 2 kali percobaan untuk bisa mengaksesnya menggunakan koneksi internet. Dan dari hasil ujicoba User Experience yang berbentuk kuisioner kepada responden didapat hasil 1060 dari 1200 skala nilai maksimal yang menunjukkan tingkat kepuasan cukup bagus. Kata Kunci: Location Based Servise, Global Positioning System, Android, Smartphone, Wisata Madura, Augmented Reality.
AbstractionMadura has a variety of interesting tourism place. The number of exotic beaches, as well as other tourism place that are very interesting, making Madura has a big tourism potential. Unfortunately, with a variety of interesting tourism place, there are too many people who do not know the location of the tourism place are located, tourism place in Madura also need a promotion to support the tourism place. This research purpose to make Digital Guide application using Location Based Service (LBS) concept, LBS is used to know information of tourism place location according to coordinate so that can know the distance of tourism place location from user location. Augmented Reality technology is used by the user using a smartphone camera to find out the location of destination tourism place. From the results of research, the augmented reality features require at least 2 attempts to access it using internet connection. And from the results of the User Experience test in the form of questionnaires to the respondents obtained 1060 results from 1200 scale of the maximum value indicating the level of satisfaction is pretty good. Key words: Location Based Servise, Global Positioning System, Android, Smartphone, Madura Tourism, Augmented Reality.