Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN APLIKASI RUANG GANTI VIRTUAL MENGGUNAKAN METODE EUCLIDEAN DISTANCE
    Penulis : REZKY RIZALDI
    Dosen Pembimbing I : ARIK KURNIAWATI S.KOM.,M.KOM.
    Dosen Pembimbing II :CUCUN VERY ANGKOSO S.T.,M.T.
    Abstraksi

    Fashion merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Semakin berkembangnya fashion saat ini dipengaruhi oleh banyaknya inovasi-inovasi yang diberikan toko dalam menjual pakaian untuk menarik minat pelanggan. Salah satunya adalah memberikan fasilitas kamar ganti kepada pelanggan, agar pelanggan dapat mencoba pakaian yang akan dibelinya. Namun, ternyata ada beberapa permasalahan yang terjadi yang dikeluhkan pelanggan, semisal : antrian kamar ganti yang panjang, keterbatasan tempat dan membautuhkan waktu lama jika pelanggan harus mencoba 2 atau 3 baju dengan model baju yang sama hanya untuk menentukan ukuran baju yang pas. Dari permasalahan tersebut munculah teknologi tentang kamar ganti virtual yang banyak dikembangkan oleh beberapa perusahaan fashion. Dalam penelitian ini membahas tentang salah satu metode untuk mengimplementasikan teknologi kamar ganti virtual yang akan menggunakan hardware kinect dan teknologi Augmented Reality. Pemanfaatan fitur yang didapat dari kinect (yaitu : data skeleton user) untuk mendapatkan lebar badan pelanggan yang digunakan sebagai penentuan ukuran pakaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk menghitung lebar badan pelanggan adalah menggunakan Euclidean distance. Hasil eksperimen tehadap 20 pengguna menunjukan bahwa tingkat akurasi sistem mencapai kami 80% dalam memberikan rekomendasi ukuran pakaian yang sesuai dengan ukuran yang sebenarnya dari pelanggan.

    Abstraction

    Fashion is a staple for everyone. The growing fashion today is influenced by the many innovations that the store provides in selling clothes to attract customers. One of them is to provide the changing room facilities to the customers so that customers can try on clothes that will be bought. . In addition to these problems sometimes customers are confused with the size of clothes that fit the size of the clothes available. It will take a long time if the customer has to try 2 or 3 outfits with the same shirt model just to find the right shirt size. Our virtual dressing room used augmented reality technology to create solution of an efficient shopping experience by superimposing the 3D within the live kinect camera. Our research uses kinect hardware to measure the distance between two joint points to obtain the width of the customer body with the Euclidean Distance methode so that the recommendation of customer clothing size can be given. The experimental results on 20 users with euclidean distance based method, the accuration of our recommendation system has given us 80%.

Detail Jurnal