Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Terasi Tradisional Di UD. Dianis Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Hendriyadi
    Dosen Pembimbing I : Dr. Moh. Fuad Fauzul M, S.TP., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Khoirul Hidayat, ST.,MT
    Abstraksi

    UD. Dianis merupakan industri rumah tangga yang memproduksi terasi tradisional dari hasil para nelayan Desa Macajah untuk menambah pendapatan yang lebih ekonomis dan untuk mempertahankan produk terasi dari para pesaing sehingga produsen perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap produk terasi tradisional yang dihasilkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian suatu produk harus diketahui oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelian terasi tradisional di UD. Dianis Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan dan untuk mengetahui faktor dominan yang terbentuk dengan menggunakan analisis faktor. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara mengukur menggunakan validitas, reliabilitas, dan teknis analisis faktor dengan SPSS 16. Penelitian ini menggunakan enam variabel sebagai alat uji yaitu kenampakan, aroma, rasa, tekstur, harga, dan bentuk. Dari enam variabel yang diteliti, dihasilkan dua faktor yang dapat dibentuk oleh variabel-variabel tersebut. Faktor kualitas produk meliputi kenampakan, aroma, dan rasa sedangkan faktor pendukung produk meliputi tekstur, harga, dan bentuk. Faktor kualitas produk (F1) lebih dominan dari pada faktor pendukung produk (F2) karena nilai percent of variance F1 sebesar 30,238% lebih tinggi dari F2 yaitu 25,187%.

    Abstraction

    UD. Dianis is a home industry that produces traditional shrimp paste from the fishermen of Macajah Village to add income and maintain from competitors, so producers need to know consumers perceptions of it. Factors that affect the purchase of a product must be known by the company. This study aims to determine what factors affect the purchase of traditional shrimp paste in Macajah Village and to determine the level of dominance of factors formed by using factor analysis. The method used is quantitative analysis by measuring using validity, reliability, and technical factor analysis with SPSS 16. This study uses six variables as a appearance, the scent, the taste, texture, price, and the shape. Of the six variables studied, two factors can be generated by these variables. The factor product quality (F1) includes appearance, the scent, and the taste while the factor product supporter (F2) includes texture, price, and the shape. The first factor is more dominant than the second factor because the value of first factor percent variance is 30,238% higher than the second factor is 25,187%.

Detail Jurnal