Detail Karya Ilmiah

  • PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN BUMBU SATE MADURA
    Penulis : Rozi Afiffilah
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat,S.T.,M.T
    Dosen Pembimbing II :Rakhmawati,S.TP.,M.T
    Abstraksi

    Perancangan dan pengembangan produk (P3) dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD)memberikan gambaran secara jelas mengenai produk yang akan dikembangkan dan di inginkan oleh konsumen demi tercapainya kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk instan produk olahan bumbu sate Madura yang diingikan konsumen, semua atribut yang diingikan konsumen serta persyaratan teknis seutuhnya dalam membuat olahan bumbu sate Madura. Metode yang digunakan adalah metode QFD R1 matriks House of quality (HOQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai bumbu sate Madura dalam bentuk pasta, terdapat 21 atribut kebutuhan konsumen yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk olahan bumbu sate Madura instan dalam bentuk pasta 13 berhubungan dengan produk dan 8 berhubungan dengan kemasan. persyaratan teknis yang ditentukan oleh ahli dari segi produk terdapat 6 persyaratan teknis yang menjadi prioritas utama untuk diperhatikan adalah komposisi bumbu dan dari segi kemasan ada 6 persyaratan teknis yang sudah didapatkan dan yang menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan adalah bahan kemasan dan mampu mempertahankan mutu (tidak membuat produk cepat tengik). Kata kunci: Perancangan dan pengembangan produk, bumbu sate Madura, Quality Function Deployment.

    Abstraction

    Product design and development (P3) using Quality Function Deployment (QFD) method gives a clear picture about the product that will be developed and desired by the consumer to achieve customer satisfaction. This study aims to determine the instant form of processed products Madura sate seasoned consumers, all attributes that diingikan consumers and the complete technical requirements in making processed spice Madura. The method used is QFD R1 matrix method of House of quality (HOQ). The result of the research shows that consumers prefer the spices of Madura in the form of pasta, there are 21 attributes of consumer needs that must be considered in developing the processed product of instant Madura sate seasoning in the form of pasta 13 related to the product and 8 related to the packaging. Technical requirements specified by the expert in terms of products there are 6 technical requirements that become the main priority to note is the composition of spices and in terms of packaging there are 6 technical requirements that have been obtained and the top priority to be considered is the packaging material and able to maintain the quality (not Make rancid quick products). Keywords: Product design and development, Madura sate seasoning, Quality Function Deployment.

Detail Jurnal