Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RUMAH MAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Brewok Sakera, Sumenep)
    Penulis : Muh. Fiqhy Ardlianto
    Dosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat, S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :Iffan Maflahah S.TP., M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Rumah makan Ayam Brewok Sakera merupakan salah satu rumah makan yang terdapat di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengelola rumah makan Ayam Brewok Sakera dan mengetahui penerapan quality function deployment (QFD) dalam upaya meningkatkan kualitas layanan rumah makan Ayam Brewok Sakera. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan April 2017. Didapatkan hasil bahwa semua atribut belum dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan atribut kecepatan dalam pelayanan dan penyajian, ketanggapan karyawan dalam membantu konsumen, ketanggapan karyawan saat menerima keluhan dan saran dari konsumen, kesopanan dan keramahan karyawan kepada konsumen, penampilan hidangan makanan dan minuman, dan kebersihan dan kerapian tempat makan merupakan persyaratan pelanggan untuk matriks HOQ. Absolute Weight and Percent bertujuan untuk mengetahui bobot dari suatu atribut kebutuhan konsumen. Didapatkan hasil, atribut kecepatan dalam pelayanan dan penyajian memiliki bobot absolute terbesar yaitu 11,596 artinya atribut ini adalah atribut persyaratan pelanggan yang paling kritis oleh konsumen. Sedangkan, atribut penampilan hidangan makanan dan minuman memiliki bobot absolute terkecil yaitu 7,875 artinya atribut ini juga perlu dilakukan tetapi tidak terlalu kritis. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, QFD, Matriks HOQ

    Abstraction

    ABSTRACT Rumah Makan Ayam Brewok Sakera is one of the restaurants located in Sumenep regency. This study aims to determine the level of customer satisfaction on the quality of service provided by restaurant manager Rumah Makan Ayam Brewok Sakera and know the application of quality function deployment (QFD) in an effort to improve the quality of restaurant service Rumah Makan Ayam Brewok Sakera. Sampling was conducted in April 2017. It was found that all attributes have not been able to meet consumer needs and attribute speed in service and presentation, employee responsiveness in helping the consumer, employee's responsiveness when receiving complaints and suggestions from consumers, courtesy and employee friendliness to the consumer, food and beverage dishes, and the cleanliness and neatness of the dining venue are the customer requirements for the HOQ matrix. Absolute Weight and Percent aims to know the weight of an attribute of consumer needs. The results obtained, the attribute speed in service and presentation has the largest absolute weight of 11,596 means this attribute is the most critical customer attribute requirements by consumers. Meanwhile, the food and beverage performance attribute has the smallest absolute weight of 7,875 meaning that this attribute also needs to be done but not too critical. Keywords: Service Quality, QFD, HOQ Matrix

Detail Jurnal