Detail Karya Ilmiah

  • Manajemen Strategi Pengembangan Industri Jamu Di kabupaten Sumenep
    Penulis : SYARIF HIDAYATULLAH
    Dosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., MT
    Dosen Pembimbing II :Khoirul Hidayat, ST., M.T
    Abstraksi

    Data Dinas kesehatan Kabupaten Sumenep, menunjukkan bahwa Kabupaten Sumenep memiliki 11 industri jamu. Setelah dilakukan survey penelitian ada beberapa industri jamu yang sudah tidak aktif, sehingga penilitan ini dilakukan untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat digunakan sebagai upaya pengembangan industri jamu di Kabupaten Sumenep. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal (IFE) dan eksternal (EFE), matrik internal eksternal (IE), matrik SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks ). Dari hasil analisa diperoleh ada 14 faktor internal dan 10 faktor eksternal. Sedangkan untuk alternatif strategi ada 6 alternatif yang diperoleh dari matrik SWOT dan matrik IE. Pada matrik QSPM diperoleh prioritas strategi adalah 1. Meningkatkan bauran promosi, 2. Meningkatkan teknologi dan informasi, 3. Meningkatkan kualitas produk, 4. Menjalin kerjasama dengan pemerintah, 5. Meningkatkan kompetensi keryawan dan 6. Memperluas wilayah pemasaran. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM.

    Abstraction

    Date Sumenep District health office, shows that Sumenep regency has 11 herbal medicine industry. After the research survey there are several herbal medicine industry that has been inactive, so this research is conducted to find out alternative strategies that can be used as an effort to develop herbal medicine industry in Sumenep regency. The analysis tools used in this research are internal (IFE) and external (EFE), external internal (IE), SWOT and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) matrices. From the analysis results obtained there are 14 internal factors and 10 external factors. As for alternative strategy there are 6 alternatives obtained from SWOT matrix and IE matrix. In the QSPM matrix, the priority of strategy is 1. Increasing the promotion mix, 2. Improving the technology and information, 3. Improving the quality of the product, 4. Cooperating with the government, 5. Increasing the competence of the linguist and 6. Expanding the marketing area. Keywords: Development Strategy, IFE, EFE, IE, SWOT and QSPM

Detail Jurnal