Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBELIAN PETIS IKAN TUNA UD. H.S.N GALIS - PAMEKASANPenulis : Yunus MaulanaDosen Pembimbing I : Millatul Ulya, STP. MTDosen Pembimbing II :Ir. Umi Purwandari, M.App.Sc., P.hDAbstraksi
ABSTRAK Adanya 4 produsen yang bergerak di bidang pengolahan petis yang sama di Desa Konang, membuat persaingan cukup tinggi, sehingga konsumen dihadapkan dengan berbagai alternatif yang ada dan akan cenderung mempunyai preferensi tertentu sebelum melakukan proses pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian produk petis ikan tuna UD. HSN dan mengetahui tingkat dominasi faktor yang dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Penelitian ini menggunakan tujuh variabel sebagai alat uji yaitu rasa , aroma, tekstur, harga, berat, konsistensi kualitas produk, dan label halal. Dari tujuh variabel yang diteliti, dihasilkan dua faktor yang dapat di bentuk oleh variabel-variabel tersebut. Faktor pertama adalah faktor internal dan faktor kedua adalah faktor eksternal. Faktor internal lebih dominan dari pada faktor eksternal karena nilai total of variance 27,764% menunjukkan faktor internal lebih tinggi dari pada faktor eksternal. Kata Kunci : Petis Ikan Tuna, Perilaku Konsumen, Analisis Faktor
AbstractionABSTRACT Their 4 producers engaged in the processing of the same in the village petis Konang, making the competition is quite high, so that consumers are faced with a variety of alternatives and will tend to have certain preferences before making the decision making process. This study aims to determine what factors influence the purchase decision tuna fish petis products UD. HSN and determine the level of dominance factor formed by using factor analysis. This research uses seven variables as test equipment that is taste, aroma, texture, price, weight, consistency of product quality and halal label. Of the seven variables studied, produced two factors can be in the form of the variables. The first factor is the internal factor and the second factor is external factors. Internal factors are more dominant than on external factors as the total value of 27.764% of variance showed a higher internal factors than external factors. Keywords: Tuna Fish Petis, Consumer Behavior, Factor Analysis