Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Strategi Pemasaran Jamu Madura di UD Umi Kalsum Kabupaten SumenepPenulis : Desy Ferawatul WakilahDosen Pembimbing I : Khoirul Hidayat, ST., MTDosen Pembimbing II :Iffan Maflahah, S.TP., M.SiAbstraksi
Menurut Kemenkes RI tahun 2010 jumlah indudtri kecil obat tradisional (IKOT) di wilayah jawa timur tercatat 12 industri yang terletak di Kabupaten Sumenep. Setelah dilakukan survei penelitian hanya 4 industri yang masih memproduksi hingga saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran industri jamu di Kabupaten Sumenep. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis lingkungan internal (IFE) dan eksternal (EFE), matriks internal – eksternal (IE), matrik SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks ). Dari hasil analisa diperoleh ada 15 faktor internal dan 11 faktor eksternal, sedangkan untuk alternatif strategi ada 8 alternatif strategi yang diperoleh dari matrik SWOT dan matrik IE. Pada matrik QSPM diperoleh prioritas strategi adalah 1. Memperbaiki bauran promosi melalui media, 2. Mempertahankan harga sejenis/bersaing, 3. Menciptakan produk dengan inovasi terbaru, 4. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, 5. Menjalankan sistem menejemen perusahaan, 6. Meningkatkan kualitas SDM, 7. Penggunaan alat teknologi terkini, 8. Meningkatkan kegiatan promosi.
AbstractionAccording to Ministry of Health RI in 2010 the number of small industries of traditional medicine (IKOT) in eastern Java region listed 12 industries located in Sumenep regency. After the survey conducted only 4 industries that still produce herbal medicine until now. The purpose of this research is to develop marketing strategy of herbal medicine industry located in Sumenep regency. Analyzer used in this research is analysis of internal environment (IFE) and external (EFE), internal - external (IE), SWOT and QSPM matrik (Quantitative Strategic Palnning Matrix). From the analysis results obtained there are 15 internal factors and 11 external factors, while for alternative strategies there are 8 alternative strategies obtained from the SWOT matrix and the IE matrix get the industry results on cell V that is maintain and maintain. In the matrix QSPM obtained priority strategy 1. Improving the promotion mix through the media, 2. Mantain similar price / compete, 3. Creat products with the latest innovation, 4. Mantain and improve product quality, 5. run corporate management system, 6. Improve quality of human resources 7. Use of the latest technological tools, 8. Improve promotional activities.