Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Pengembangan Usaha Dodol, Minuman Dan Keripik Berbasis Rumput Laut (Kappaphycus Alvarezii) (Studi Kasus : KUB Mitra Bahari di Desa Jumiang Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan)
    Penulis : Apriliany Sugiarti
    Dosen Pembimbing I : Dr. Moh Fuad FM. S.TP. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Milallatul Ulya S. TP. MT
    Abstraksi

    Pada setiap unit usaha membutuhkan suatu strategi dalam menjalankan usahanya dengan harapan usaha yang dilakukan dapat berkembang. Begitu juga dengan KUB Mitra Bahari yang juga harus mengetahui strategi apa yang baik digunakan dalam mengembangkan usahanya. Oleh karena itu akan dilakukan analisis pengembangan usaha dodol, minuman dan keripik berbasis rumput laut dengan metode matriks IE, matriks BCG, Space Matriks dan QSPM. Hasil analisis strategi dengan metode IE diperoleh strategi pengembangan pasar, penetrasi pasar dan pengembangan produk. Pada analisis strategi dengan metode matriks BCG diperoleh strategi pengembangan pasar atau pengembangan produk. Pada analisis dengan metode Space matriks diperoleh strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar atau pengembangan produk. Sementara pengambilan strategi akhir dengan metode QSPM dari beberapa dengan metode yang telah digunakan maka strategi yang baik digunakan oleh KUB Mitra Bahari dalam mengembangkan usaha dodol, minuman dan keripik yang berbasis rumput laut yaitu pengembangan pasar yang diikuti dengan penetrasi pasar.

    Abstraction

    In each business unit required a strategy in running the business in the hope that business can be developed. So also with KUB Mitra Bahari who also must know what good strategy used in developing their business. Therefore we will analyze the business development of dodol, beverages and chips based on seaweed using IE matrix method, BCG matrix, Space Matrix and QSPM. The results of strategy analysis with the IE method obtained the strategy of market development, market penetration and product development. In strategy analysis with BCG matrix method obtained strategy of market development or product development. In the analysis with Space matrix method obtained the strategy of market penetration, market development or product development. While the last strategy with QSPM method with several methods that have been used, good strategy used by KUB Mitra Bahari in developing dodol business, beverage and chips based on seaweed is market development followed by market penetration.

Detail Jurnal