Detail Karya Ilmiah
-
RELATIONSHIP MARKETING DALAM BISNIS IKAN KOI (Cyprinus Carpio) DI DESA KEMLOKO KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITARPenulis : SRI WULANDARIDosen Pembimbing I : Dr. Teti Sugiarti, SP.,M.SiDosen Pembimbing II :Dr.Ir.Slamet Subari. M.siAbstraksi
membangun hubungan jangka panjang. Pelanggan yang baik merupakan suatu aset dimana bila ditangani dan dilayani dengan baik akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Tujuan relationship marketing untuk mendapatkan pelanggan dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui profil pelanggan dan produk dalam bisnis ikan koi di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. 2) Mengetahui pelaksanaan pemasaran relasional (relationship marketing) dalam bisnis ikan koi di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan ikan koi yang ada di Desa Kemloko ada empat jenis yaitu pedagang pengumpul besar, pngumpul kecil, pengecer, dan penghobi. Ikan yang banyak dibeli adalah jenis kohaku dan sanke dengan berbagai grade dan ukuran. Hubungan bisnis antara petani dengan pelanggan baik yaitu dibuktikan dengan tidak adanya keluhan pada komunikasi, manajemen mutu, dan manajemen logistik serta tingkat relationship marketing yang tinggi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Kata kunci: Relationship Marketing, Ikan Koi, Kabupaten Blitar
AbstractionRelationship marketing is a way of marketing to create a long-term relationship to the custumers. A good customer is an asset, when handled and served properly, will provide long-term benefits. The purpose of relationship marketing is to get customers and to maintain customers. The aims of this study: 1) To know the profile of customers and customer products in business of koi fish in the Kemloko Village, Nglegok subdistrict, Blitar regency. 2) To know the implementation of relational marketing (relationship marketing) in koi fish business in the Kemloko Village, Nglegok subdistrict, Blitar Regency. This study was used descriptive analysis method. The result showed that the exististence of koi fish customers in the Kemloko Village divided into four types. They were big collectors, small collectors, retailers, and hobbyists. The most of purchased fish were kohaku and sanke with various grades and sizes. The implementation of relational marketing between farmers and traders was very good. It was evidenced by good payment, communication, quality management, logistics management and high level of relationship marketing. This is an effort to maintain customers in long term period. Keywords : Relationship Marketing, koi fish, Blitar District