Detail Karya Ilmiah

  • Daya Saing Ekspor Cabe Jamu Indonesia ke Pasar India
    Penulis : Beny Tri Susetiyo
    Dosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Dr. Teti Sugiarti, SP., MSi
    Abstraksi

    India merupakan negara tujuan ekspor Cabe Jamu Indonesia. Produsen Cabe Jamu ke India selain Indonesia adalah Vietnam, Ethiopia, dan Sri Lanka. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis daya saing dan faktor yang mempengaruhi daya saing ekspor Cabe Jamu Indonesia ke India. Metode yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage dan Market Share untuk menganalisis daya saing, dan metode regresi linier berganda untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pangsa pasar ekspor Cabe Jamu Indonesia ke India. Hasil dari analisis RCA menunjukkan bahwa Cabe Jamu Indonesia di India memiliki daya saing dengan nilai rata-rata sebesar 28,9 (nilai RCA>1) dan pangsa pasar ekspor Cabe Jamu Indonesia di India rata-rata sebesar 76,5% selama tahun 2003-2016. Faktor yang mempengaruhi pangsa pasar ekspor Cabe Jamu Indonesia adalah pangsa pasar dari negara pesaing, sedangkan volume ekspor dan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika tidak berpengaruh. Kata Kunci: Cabe Jamu, Daya Saing, Ekspor, Pangsa Pasar, Regresi Linier Berganda

    Abstraction

    India is one of the export destination of Long Pepper from Indonesia. The exporters of Long Pepper other than Indonesia to India are Vietnam, Ethiopia, and Sri Lanka. The purpose of this study is to analyze the competitiveness and the factor to influence the competitiveness of Indonesia Long Pepper Indonesia to India. The method used Revealed Comparative Advanage and Market Share to analyze competitiveness, and multiple linier regression method to determine the factors to influence the export market share. The result RCA analysis show that Long Pepper Indonesia to India has competitiveness with average value of 28,9 (RCA value>1) and the export market share of Long Pepper Indonesia to India averaged 76,5% during 2003-2016. Factors affecting the export market share of Long pepper Indonesia is market share of competitor countries, while the export volume and exchange rate has not effect. Keywords: Long Pepper, Competitiveness, Export, Market Share, Multiple Linear Regression

Detail Jurnal