Detail Karya Ilmiah

  • PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PETIS KONANG DI KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : RANI DWI DAMAYANTI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Andrie Kisroh Sunyigono, SP., MP, Ph. D,
    Abstraksi

    Petis Konang merupakan salah satu komoditas petis yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di daerah Kamal. Petis tersebut memiliki banyak pesaing, sehingga produsen perlu memahami karaktetistik produk petis konang yang menjadi keinginan konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi konsumen dalam pembelian petis konang dan menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian petis konang. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Sampel yang diambil menggunakan metode acidental sampling sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen menyatakan setuju bahwa faktor yang melatarbelakangi pembelian petis konang adalah faktor kebudayaan, sosial, dan psikologis. Adapun atribut dan level yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian petis konang adalah harga dengan range Rp.3500 - 4000, memiliki tekstur lembut, dikemas dalam tabung plastik, memiliki rasa gurih cenderung manis, dan berwarna kuning. Kata Kunci: Petis Konang, Atribut, Level Atribut, Konjoin

    Abstraction

    Petis Konang was one of commodity which was most-consumed by people living in Kamal. This type of petis had several competitions in case that the customer needed to understand the characteristic of Petis Konang which they loved. The aim of this study was to describe some factors which underlying Petis Konang consumerism and analyzing attributes to consider in purchase Petis Konang. This study is conducted at Kecamatan Kamal, Bangkalan Regency. The samples were taken by using accidental sampling method while technique of analysis in this study employed descriptive analysis and conjoint. The result showed that most of costumers did agree that the factors underlying in purchasing Petis Konang were cultural, social and psychological factors. Furthermore, other attributes and attribute levels which had been considered by the customers in purchasing were the range of price should be Rp. 3.5000 – 4.000, soft texture, plastic-tubed package, tasted bit salty and sweet and yellow colored. Keywords: Petis Konang, Attributes, Level of Attributes, Conjoint

Detail Jurnal