Detail Karya Ilmiah
-
UPAYA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD. PESONA BATIK MADURAPenulis : Sa’adah WasilahDosen Pembimbing I : Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Abstrak Sa’adah Wasilah. “Upaya Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Guna Meningkatkan Penjualan Pada UD. Pesona Batik Madura”. Di bawah bimbingan Drs.Ec. Mudji Kuswinarno. M.si. Pemasaran merupakan salah satu sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang memuaskan kebutuhan konsumennya. Marketing mix 4P (bauran pemasaran) merupakan kumpulan alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk membidik pasar sasaran yang diinginkan, yang terdiri dari empat unsur yaitu Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi) dan Place (tempat). Persaingan yang semakin ketat mengharuskan setiap perusahaan untuk menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi kepada UD. Pesona Batik Madura bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya agar dapat dikenal oleh konsumen yang luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, populasi penelitian ini adalah manajer dan seluruh karyawan UD. Pesona Batik Madura yang beralamatkan di Jl. RE Martadinata Gg. Lawu no.19 Mlajah, Bangkalan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa UD. Pesona Batik Madura menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P atau bauran pemasaran yang terdiri dari Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), Place (tempat). Untuk meningkatkan penjualan pada UD. Pesona Batik Madura, maka perlu ditingkatkan lagi kegiatan promosi dan pendistribusian produknya. Kata kunci: Marketing mix 4P, Product, Price, Promotion, dan Place.
AbstractionAbstract Sa'adah Wasilah. "Efforts Application of Appropriate Marketing Strategies Boost Sales At UD. Pesona Batik Madura ". Under the guidance of Drs.Ec. Mudji Kuswinarno. M.Sc. Marketing is one of the overall system of business activities aimed at planning, pricing, promoting and distributing products that satisfy customers' needs. Marketing mix 4P (marketing mix) is a collection of marketing tools that companies use to target the desired target market, which consists of four elements, namely Product (product), Price (the price), Promotion (promotion) and Place (place). The increasingly fierce competition requires each company to implement the right marketing mix strategy to maintain and enhance the company's marketing performance. The purpose of this study is to provide recommendations to UD. Pesona Batik Madura how to determine the right marketing strategy in marketing their products to be recognized by the vast consumers. This study uses descriptive qualitative research, this study population was the manager and all employees UD. Pesona Batik Madura at Jl. RE Martadinata Gg Lawu Mlajah no.19, Bangkalan. From the research, shows that UD. Pesona Batik Madura using the 4P marketing strategy marketing mix or marketing mix consisting of a Product (product), Price (the price), Promotion (promotion), Place (place). To increase sales at UD. Pesona Batik Madura, it needs to be increased promotional activities and distribution of its products. Keywords: Marketing mix 4P, Product, Price, Promotion and Place.