Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Batik Indonesia menjadi semakin terkenal setelah memperoleh pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and CulturalOrganization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB yang memutuskan batik Indonesia sebagai warisan pusaka dunia.(2009) .Seni batik Madura kini mulai bayak diminati baik itu orang lokal maupun juga wisatawan atau turis dari mancanegara. Motif dan corak dari batik Madura memiliki keunikan tersendiri. Cara pengolahan dan produksi dari batik Madura ini tergolong unik dan masih menggunakan cara tradisional. Umumnya corak batik madura diartikan dengan karakter yang kuat dicirikan dengan corak yang bebas, dimana warna yang ditampilkan dari batik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada UMKM Batik di Kabupaten Bangkalan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sensus, karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel berjumlah 42 UMKM batik di Kabupaten Bangkalan. Variabel eksogen adalah orientasi pasar, orientasi wirausaha dan inovasi. Varoabel endogen adalah keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Analisis menggunakan analisis jalur. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) orientasi pasar, orientasi wirausaha dan inovasi berpegaruh terhadap keunggulan bersaing ; (2) orientasi pasar, orientasi wirausaha. Inovasi dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : orientasi pasar, orientasi wirausaha. Inovasi, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.

    Abstraction

    Indonesian is painting cloth becomes more popular after getting proclaimed from United Nations Educational, Scientific and Cultur Organization (UNESCO) or Organization ofeducation, science and culture PBB which decided that Indonesian painting cloth becomes an heritance of the world. Proclaimed which was given on 22nd of Oktober, 2009 so become the important struck of painting cloth existence in the world. Madura’s painting cloth art nowdays start to be liked very much either domestic and international tourist from overseas. Design and motive from madura has unique things. The way of management and production from Madura’s painting clothes are unique and still applying a traditional method. In generaly Madura’s painting method was sensed has strong characteristic which put free design, where the colour showed by it. The purpose of this reseach to know the influence of market orientation and business orientation and inovation of competitive advantage and marketing performance on UMKM painting cloth in Bnagkalan regency. Sampling of this reseach used census because all of the populatios are used as sample amount 42 UMKM of painting cloth in Bangkalan regency, Exogenous variable is market aroentation, business orientation and marketing performance.Endogeun variable is competitive advantage and marketing performance. Analysis used line stripe analysis. The conclusions of this reseach are : (1) market orientation, business orientation, inovation influence to competitive advantage ; (2) market orientation, business orientation, inovation and competitive advantage influence to marketing performance. Key words : market orientation, business orientation, inovation, competitive advantage and marketing performance

Detail Jurnal