Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, KERUMITAN, DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN E-BILLING PADA WAJIB PAJAK UMKM DI SURABAYAPenulis : HALIMATUR RASYIDAHDosen Pembimbing I : Dr. Rita Yuliana, SE., MSA.,AK.,CADosen Pembimbing II :Gita Arasy Harwida, SE., M.Tax.,Ak.,QIA.,CAAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kerumitan, dan kepuasan pengguna terhadap penggunaan e-billing pada wajib pajak UMKM di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak UMKM yang ada di Surabaya. Sampel penelitian ini adalah 50 responden wajib pajak UMKM yang menggunakan e-billing. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner menggunakan metode survei langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan e-billing. Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing. Kerumitan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing. Kepuasan pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing. Kata Kunci: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kerumitan, Kepuasan Pengguna, E-billing
AbstractionThe purpose of this study is to determine the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, complexity, and user satisfaction on the use of e-billing on the UMKM taxpayer in Surabaya. This research used quantitative approach. The sampling technique used was the convenience sampling and the data analysis was multiple regression data analysis technique. The population of this study was all the UMKM taxpayers in Surabaya. The sample of this research was 50 respondent of UMKM taxpayer using e-billing. The research data was the primary data obtained through the questionnaire by the method. The results of the research indicated that the perceived usefulness did not influence the e-billing usage. The perceived ease of use positively and significantly influenced the e-billing usage. The complexity positively and significantly influenced the e-billing usage. The user satisfaction positively and significantly influenced the e-billing usage. Keywords: Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Complexity, User Satisfaction, E-billing