Detail Karya Ilmiah

  • Menyingkap Sisi Pengendalian Internal Pengajuan dan Pembayaran Klaim Rumah Sakit : Studi Etnometodologi BPJS Kesehatan Kota Yogyakarta
    Penulis : Mega Harum Ramadhani
    Dosen Pembimbing I : Robiatul Auliyah S.E., MSA.,
    Dosen Pembimbing II :Muhamad Asim Asy'ari S.E., M.Ak
    Abstraksi

    Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi pengendalian internal pada proses pengajuandanpembayaranklaimolehpihak BPJS Kesehatan “X” Yogyakarta. Serta mengetahui alur proses pengajuan dan pembayaran klaim tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnometodologi. Peneliti menggunakan metode etnometodologi sebagai landasan untuk menyingkap keseharian dar iaktivitas proses pengajuan dan pembayaran klaim. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan informan terkait dan melakukan observasi langsung ke obyek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini, bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan pengendalian internal dengan maksimal. Pengendalian internal yang mampu mendeteksi red flags pada proses pengajuan dan pembayaran klaim. Walaupun terdapat beberapa “problematika” yang terjadi di ranah BPJS Kesehatan juga, akan tetapi pihak manajemen telah melakukan pengendalian terhadap berbagai resiko yang kemungkinan besar terjadi terutama pada proses pengajuan dan pembayaran klaim. Kata Kunci : pengendalian internal,klaim

    Abstraction

    The purpose of the research is to know the implementation of internal control on the process of submission and payment of claims by BPJS Health “X” Yogyakarta. And know the flow of the process of filling and payment of claims. This type of research is qualitative research using etnometodology approach. Researches use etnometodologyas a basis for exposing the daily activities of the submission process and payment of claims. Techniques of collecting data through interviews with relevant informant and make direct observation to the object research. The results of the of this study is to answer the problem formulation and the purpose of this study, that BPJS Health has implemented internal control with the maximum. Internal controls capable of detecting red flags in the submission process and payment of claims. Althoughtthere are some “problem” that occur in the realm of BPJS Health as well, but the management has been controlling the various risks that are likely to occur mainly in the process of filling and payment of claims. Keywords:internal control, claims

Detail Jurnal