Detail Karya Ilmiah
-
STUDI ISLAMIC FENOMENOLOGI MENGUNGKAP METODE PENETAPAN HARGA JUAL NASI KRAWU IYAMPenulis : Putra PrasetiyaDosen Pembimbing I : Robiatul Auliyah, SE., MSA.Dosen Pembimbing II :Muhammad Syam Kusufi, SE., M.Sc.Abstraksi
ABSTRAK Putra Prasetiya, Study Islamic Fenomenologi Mengungkap Metode Penetapan Harga Jual Nasi Krawu Iyam. Dibawah bimbingan Robistul Auliyah, S.E., MSA. dan Muhammad Syam Kusufi, S.E., M.Sc. Penelitian ini berupaya mengungkap metode penetapan harga jual usaha bidang kuliner nasi krawu iyam Ibu Siti. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui usaha nasi krawu iyam dalam penetapan harga jualnya, serta untuk mengetahui nilai-nilai yang ada dalam penetapan harga jual. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif sebagai alat dalam proses penemuan jawaban dan menggunakan pendekatan islamik fenomenologi sebagai alat analisis umtuk menjawab nilai yang ada. Hasil penelitian menujukkan dalam metode penetapan harga jual yang dilakukan Ibu Siti sebagai pelaku usaha tidak menggunakan rumus konvensional, dikarenakan penetapan harga jual nasi krawu iyam Ibu Siti tidak hanya berpatokan pada biaya pokok produksi dan juga keuntungan saja, tetapi juga berpatokan pada cost social dan nilai-nilai kemanusiaan yang diyakini oleh Ibu Siti yang diwujudkan dalam rasa solidaritas dan murah hati. Karena dalam hal ini Ibu Siti sebagai pemilik usaha tidak mengejar keuntungan semata, tetapi juga mencari keberkahan dari Allah SWT. Kata Kunci: Metode penetapan harga jual, cost social, solidaritas, murah hati, keuntungan, keberkahan.
AbstractionABSTRACT Putra Prasetiya, Study Islamic Phenomenology investigate the price fixing method of nasi krawu iyam. Advisor Robistul Auliyah, S.E., MSA. dan Muhammad Syam Kusufi, S.E., M.Sc. This research tries to investigate the price fixing method of culinary business nasi krawu iyam Ibu Siti. The aims of this research are to find out the business of nasi krawu iyam in the price fixing, also to determine the points of price fixing. This research is kind of qualitative as tool of findings process and using Islamic phenomenology approach as tool analysis to answer the points. The result of the research shows that in price fixing method which is done by Ibu Siti as the business subject does not use conventional formula, due to the price fixing of nasi krawu iyam Ibu Siti not only standardize in cost social and humanity points which is believed by Ibu Siti showed in solidarity and generousness. Because owner does not pursue the profits only, but also to seek the blessing of Allah SWT. Keywords: investigate the selling price method, cost social, solidarity, generousness, financial, blessings.