Detail Karya Ilmiah

  • RELEVANSI NILAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN
    Penulis : SEILA AFIYAH
    Dosen Pembimbing I : Anita Carolina, S.E., MBusAdv., Ak., QIA., CA
    Dosen Pembimbing II :Fariyana Kusumawati, S.E., M.Si
    Abstraksi

    Seila Afiyah, Relevansi Nilai Informasi Akuntansi Terhadap Nilai Perusahaan Berdasarkan Karakteristik Perusahaan. Dibawah bimbingan Anita Carolina, S.E., M.BusAdv., Ak., QIA., CA dan Fariyana Kusumawati, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang relevansi nilai informasi akuntansi (laba per saham, nilai buku ekuitas per saham, dan arus kas operasi per saham) terhadap nilai perusahaan berdasarkan karakteristik perusahaan yang terdiri dari jumlah pemegang saham, umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan struktur kepemilikan saham. Sampel dalam penelitian ini pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2015 yang berjumlah 424 perusahaan. Penelitian ini mengacu pada penelitian Shamki dan Alulis (2016) di Jordania, Chandrapala (2013) di Sri Lanka, dan Subekti (2012) di Indonesia. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan pusposive sumpling. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Nilai laba per saham, nilai buku ekuitas per saham, dan arus kas operasi per saham terhadap nilai perusahaan lebih relevan pada perusahaan dengan jumlah pemegang saham yang besar. (2) Nilai laba per saham, nilai buku ekuitas per saham, dan arus kas operasi per saham lebih relevan pada perusahaan dengan umur yang lama. (3) Nilai laba per saham, nilai buku ekuitas per saham, dan arus kas operasi per saham terhadap nilai perusahaan lebih relevan pada perusahaan dengan ukuran perusahaan yang besar. (4) Nilai laba per saham, nilai buku ekuitas per saham, dan arus kas operasi per saham terhadap nilai perusahaan lebih relevan pada perusahaan dengan struktur kepemilikan saham institusional yang besar. Kata kunci: Relevansi nilai, informasi akuntansi, karakteristik perusahaan, nilai perusahaan.

    Abstraction

    Seila Afiyah, The Relevance of Accounting Information Value to Company Value Based on Company Characteristics. Under the advisor of Anita Carolina, S.E., M.BusAdv., Ak., QIA., CA and Fariyana Kusumawati, S.E., M.Si. This study aims to provide empirical evidence of the relevance of accounting information value (income per share, book value of equity per share, and cash flow per share) to company value operation based on company characteristics which consists of stock holders, company life, company size, and the structure of stock ownership. The sample in this study at manufacturing companies registered on the Stock Exchange in 2013-2015 which amounted to 424 companies. This study refers to the research of Shamki and Alulis (2016) in Jordan, Chandrapala (2013) in Sri Lanka, and Subekti (2012) in Indonesia. The sampling technique in this study used a pusposive sumpling. Methods of data analysis in this study used multiple linear regression analysis. The conclusion in this study are (1) The value of income per share, book value of equity per share, and cash flow per share to company value that are more relevant to companies with larger stock holder. (2) The value of income per share, book value of equity per share, and cash flow operation per share are more relevant to companies with life longer. (3) The value of income per share, book value of equity per share, and cash flow operation per share of the company's value are more relevant to company with company’s larger size. (4) The value of income per share, book value of equity per share, and cash flows operation per share of the company's value are more relevant to company with larger institutional stock ownership structure. Keywords: Value relevance, accounting information, company characteristics, company value.

Detail Jurnal