Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Capital, Assets, Management, Equity, Liquidity (CAMEL) dan Maqashid Sharia Index (MSI) Terhadap Daya Saing Perusahaan.
    Penulis : Dimas M. Ghozali
    Dosen Pembimbing I : Prof. Dr. M. Nizarul Alim, S.E., MSi., Ak., CA.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Rita Yuliana, S.E., MSA., Ak., CA.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kinerja keuangan dengan CAMEL dan MSI terhadap daya saing perusahaan. Proksi dari kinerja keuangan menggunakan variabel CAMEL berdasarkan surat edaran peraturan bank Indonesia dan maqashid sharia index (MSI) menggunakan model dari SAW oleh Mohammed et al. (2008). Daya saing perusahaan menggunakan proksi dari pangsa pasar (market share). Penelitian ini menggunakan data perbankan syariah yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2011-2015 dan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti empiris bahwa CAMEL berpengaruh terhadap daya saing perusahaan. Temuan ini mengkonfirmasi teori SCP bahwa struktur pasar, perilaku pasar dan kinerja pasar merupakan satu kesatuan dalam industri. Selanjutnya, MSI berpengaruh terhadap daya saing perusahaan. Temuan ini juga memberikan cahaya baru terhadap penelitian ini sekaligus mengkonfirmasi pada teori al-maqashid al-shariah bahwa dalam aktivitas-aktivitas bisnis juga harus memperhatikan kesejahteraan masyarakat (social welfare). Kata Kunci: CAMEL, MSI, Daya Saing Perusahaan.

    Abstraction

    This study aims to provide empirical evidence on the influence of financial performance with CAMEL and MSI on the competitiveness of the company. The proxy of financial performance using CAMEL variables based on circulars of Indonesian bank regulations and maqashid sharia index (MSI) using a model from SAW by Mohammed et al. (2008). The competitiveness of firms uses the proxy of market share. This study uses sharia banking data registered at Bank Indonesia in 2011-2015 and obtained sample of 8 companies by using purposive sampling method. The data used is secondary data. The data analysis technique used SmartPLS regression analysis. The results of this study show empirical evidence that CAMEL affects the competitiveness of firms. These findings confirm the SCP theory that market structure, market behavior and market performance are an integral part of the industry. Furthermore, MSI affects the competitiveness of the company. These findings also provide a new light to this research as well as confirm the theory of al-maqashid al-shariah that in business activities must also pay attention to social welfare (social welfare). Keywords: CAMEL, MSI, Company Competitiveness.

Detail Jurnal