Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU MTS DI KECAMATAN DUNGKEK KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : Ike Gustina Anisa Fitri
    Dosen Pembimbing I : Helmi Buyung Aulia S,ST.,SE.,MMT
    Dosen Pembimbing II :Faidal, S.E., M.M
    Abstraksi

    Peneliti mengambil judul penelitian Pengaruh Kompensasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru MTS di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Semakin tinggi variabel kompensasi maka akan semakin baik pula dalam meningkatkan kinerja guru. Selain itu kinerja guru akan dipengaruhi oleh tingkat kompetensi guru itu sendiri, kompetensi ini juga berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar dan membimbing. Secara total kompetensi guru telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan variabel bebas kompensasi dan kompetensi terhadap variabel terikat kinerja guru MTS di Kecamatan Dungkek Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi sebesar 206 guru, dan pengambilan sampelnya menggunakan rumus slovin, maka di ambil 68 responden. Hasil penelitian ini adalah: (1) Secara parsial variebel kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja guru MTS di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep dengan nilai thitung 3,375 yang lebih besar dari ttabel dengan standart perhitungan (?) 0,1 yang menghasilkan nilai sebesar 1,29471 dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,1. (2) Secara parsial variabel kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTS di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, dengan nilai thitung 5,235 yang lebih besar dari ttabel dengan standart perhitungan (?) 0,1 yang menghasilkan nilai sebesar 1,29471 dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,1 . (3) Secara simultan variabel independent (kompensasi dan kompetensi) berpengaruh terhadap variabel dependen (kinerja guru) MTS di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, hal ini trebukti dengan melihat nilai signifikan Fhitung sebesar 73,633 dan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari (?) = 0,1 atau membandingkan dengan nilai Fhitung sebesar 73,633 lebih besar dar Ftabel sebesar 2,39. (4) Variabel kompetensi berpengaruh dominan terhadap variabel kinerja guru MTS di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep dengan nilai beta 0,522 Kata Kunci: Kompensasi, Kompetensi, Kinerja Guru.

    Abstraction

    The researcher took the title of Research Influence of Compensation and Competence to Performance of MTS Teachers in Dungkek Sub-district of Sumenep Regency, with the increasingly of the compensation variable it would be better for the teacher performance in terms of the teachers' ability to teach and guide. Total of the teacher competence have already given a great influence of the teacher performance improvement. The purpose of this study is to determine the effect whether it is partial or simultaneous independent variable compensation and competence to the dependent variable performance of MTS teachers in Dungkek Sub-district of Sumenep. This study uses quantitative methods, the population of 206 teachers, and the sampling using slovin formula, then taken 68 respondents. The result of this research are: (1) Partially, the compensation variables have a positive and significant effect on the performance variable of MTS Teachers of Dungkek Sub-district of Sumenep with 3,375 T-counts which bigger than T-table with standard (?) 0,1 which produces the big value of 1,29471, and has a significant level of 0.000 which is smaller than 0.1. (2) Partially competence variables have the positive and significant effect on the performance of MTS Teachers of Dungkek Sub-district of Sumenep Regency, with T-count of 5,235 which is bigger than T-table with standard calculation (?) 0,1 which produces the value of 1,29471 and has a significant level of 0.000 which is smaller than 0.1. (3) Simultaneously, the independent variables (compensation and competence) influence the dependent variable (teacher performance) MTS Sub-district in Dungkek Sumenep regency, it can be seen by the evident of the significant value of F-count of 73,633 and significant level 0.000 smaller than (?) = 0 ,1 or compared it with the F-count of 73,633 bigger than F-table of 2,39. (4) Competence variable has dominant influence to teacher performance of MTS Sub-district Dungkek of Sumenep Regency with the beta value of 0,522. Keywords: Compensation, Competence, Teacher Performance

Detail Jurnal