Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PROFESIONALISME DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada SMP Negeri 2 Ra’as Sumenep)
    Penulis : DEVISARI JUHARATUL HASANAH
    Dosen Pembimbing I : Dr. RM Mochammad Wispandono,S.E.,MS
    Dosen Pembimbing II :Helmi Buyung Aulia S,ST.,SE.,MMT
    Abstraksi

    Peneliti mengambil judul penelitian Pengaruh Profesionalisme dan Kreativitas Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMP Negeri 2 Ra’as Sumenep). Guru yang bermutu adalah guru yang profesional dalam pekerjaannya karena guru yang profesional senantiasa dapat meningkatkan kualitas kerjanya sebagai guru. Selain itu kinerja guru dipengaruhi oleh kreativitas, karena kreativitas guru dalam proses belajar mengajar mempunyai peranan penting dalam peningkatan mutu hasil belajar siswa, maka dari itu profesionalitas seorang guru harus diikuti oleh kreativitas guru dalam meningkatkan kinerjanya sebagai seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan variabel bebas perofesionalisme dan kreativitas terhadap variabel terikat kinerja guru SMP Negeri 2 Ra’as Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi sebesar 52 guru dan pengambilan sampel yaitu apabila kurang dari 100 maka diambil semua sehingga penelitiannya adalah penelitian populasi sebesar 52 responden. Data diperoleh dari proses wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada responden, data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian dengan uji t membuktikan bahwa secara individu seluruh variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai thitung sebesar 6,119 yang lebih besar dari ttabel = 52 – 2 = 50 dengan standart perhitungan (?) 0,05 yang menghasilkan nilai sebesar 1,67591, dan memiliki tingkat signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya hasil dari uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel profesionalisme dan kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini terbukti dengan melihat nilai signifikan Fhitung sebesar 148.896 dan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari alpha (?) = 0,05 atau membandingkan nilai Fhitung sebesar 148.896 lebih besar dari Ftabel = n – k – 1 = 52 – 2 – 1 = 49, menghasilkan nilai sebesar 3,19. Variabel profesionalisme guru berpengaruh dominan terhadap variabel kinerja guru SMP Negeri 2 Ra’as Sumenep, dengan nilai beta sebesar 0,597. Kata Kunci: Profesionalisme, Kreativitas, Kinerja Guru.

    Abstraction

    Researchers take the title of research Effect of Professionalism and Creativity on Teacher Performance (Study at SMP Negeri 2 Ra'as Sumenep). Qualified teachers are professional teachers in their work because professional teachers can always improve the quality of their work as teachers. In addition, teacher performance is influenced by creativity, because the creativity of teachers in teaching and learning process has an important role in improving the quality of student learning outcomes, therefore the professionalism of a teacher must be followed by the creativity of teachers in improving their performance as a teacher. The aims of the study is to know partially or simultaneously about the influences of free variable professionalism and creativity toward bound variable of teachers’s activities SMPN 2 Ra’as Sumenep. This study uses qualitative method, the populations are 52 teachers. If the samples are less than 100 respondents, the writer take all of the respondents. This study becomes large population study containing 52 respondents. The data are taken from interviews process, giving questioners to the respondents. The analysis of the data uses double regression linier analysis to answer the hypotheses. The result of t research prove that individually all of free variables have positive and significant influences toward activities by result tfortune is 6,119 which it is bigger than ttable = 52 - 2 = 50 with standard counting (?) 0,05/2 = 0,025 which it gives result 2,00856 and have significant level 0,000 smaller than 0,05. Then, the result of F research show that simultaneously professionalism variable and creativity have positive and significant influences toward teachers’s activities. It is proven by look the significant result of Ffortune 148.896 and significant level is 0,000 smaller than alpha (?) = 0,05 or comparing Ffortune 148.896 bigger than Ftable = n – k – 1 = 52 – 2 – 1 = 49, giving the result is 3,19. Professionalism variable of teachers have dominant influence toward variable teachers’s activity in SMP N 2 Ra’as Sumenep, the result of beta is 0,597. Keywords: Proffesionalism, Creativity and Teachers’s Activity

Detail Jurnal