Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kompetensi dan Metode Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Guru SMK di Kecamatan Sukomanunggal Surabaya)
    Penulis : Tri Yuda Iswandi
    Dosen Pembimbing I : Dr. Dra. Hj. Iriani Ismail, MM.
    Dosen Pembimbing II :Drs. Ec. Mudji Kuswinarno, M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Kompetensi (X1) dan Metode Pembelajaran (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK di kecamatan Sukomanunggal Surabaya, dan untuk mengetahui variabel (X) yang dominan berpengaruh terhadap Variabel (Y) Hasil penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang dari total 132 guru SMK. Berdasarkan uji regresi linier berganda ditemukan bahwa kompetensi menunjukkan hasil analisis koefisien regresi +0,680 dan hasil perhitungan uji t adalah thitung (6,990) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Metode pembelajaran menunjukkan hasil analisis koefisien regresi + 0,417 dengan thitung (6,548) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dari rincian diatas variabel Kompetensi dan Metode Pembelajaran secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK. Kemudian berdasarkan Uji F menunjukkan Fhitung (138,241) > F tabel (3,09) maka dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi dan metode pembelajaran secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMK. Dilihat dari nilai Beta kedua variabel, variabel kompetensi memiliki nilai Beta tertinggi yaitu 0,487 sehingga dapat disimpulkan variabel kompetensi bepengaruh dominan terhadap Kinerja Guru SMK. Kata Kunci: Kompetensi, Metode Pembelajaran, Kinerja Guru.

    Abstraction

    The purposes of this study are to know whether Competence(X1) and Learning Methods(X2) have a positive and significant effect on SMK Teacher Performance in Sukomanunggal subdistrict Surabaya, and to know the dominant variable (X) effecton it The number of samples is 99 people from 132 teachers. Using multiple linear regression analysis, it was found that the regression coeficient of competence is +0,680 and tcount 6,990 > 1,66 with significance value 0,000< 0,05. The regression coeficient value of learning methods showed +0,417 with tcount 6,548> ttable 1,66 with significance value 0,000< 0,05. It means that Competence and Learning Methods variable have a positiv and significant effect on the performance of SMK teachers partialy. Then based on F test, it shows that fcount 138,241 > Ftable 3,09. It can be concluded that the competency and learning methods have a positive and significant effect on the performance of SMK teachers simultaneously. Based on the beta values of the two variables, the competency variable has the highest of it is 0.487. so, it can be concluded that the competence variable has dominant effect on the performance of the SMK teachers. Keywords: Competence, Learning Methods, Teachers Performance.

Detail Jurnal