Detail Karya Ilmiah
-
judul Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub-Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEIPenulis : RAHMATIN INAYATINDosen Pembimbing I : Drs. Ec. Bambang Sudarsono, M.MDosen Pembimbing II :R. Gatot Heru Pranjoto, S.E, M.MAbstraksi
Skripsi ini disusun oleh Rahmatin Inayatin, dengan judul Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub-Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015. Di bawah bimbingan Drs. Bambang Sudarsono, M.M dan R. Gatot Heru Pranjoto, S.E, M.M. Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder’s, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang salah satu penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengaplikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Hal tersebut membuat kinerja perusahaan dipandang buruk oleh stakeholder’snya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel Price Earning Ratio (PER), Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang diproksikan dengan PBV (Price Book Value). Sampel penelitian ini adalah perusahaan sub-sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015 dengan jumlah sampel 5 perusahaandengan menggunakan metode purposive sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Price Earning Ratio (PER) mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Struktur modal mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) Ukuran Perusahaan mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap ukuran perusahaan, (4) Profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkn kemampuan prediksi dari ke 4 variabel independen tersebut terdapat nilai perusahaan sebesar 17,9%, sedangkan sisanya 82,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang tidak dimasukkan dalam analisis ini. Kata kunci : Nilai perusahaan, Price Earning Ratio (PER), Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas
AbstractionThis thesis is composed by RahmatinInayatin, entitled Effect of Price Earning Ratio (PER), Capital Structure, Company Size and Profitability Against Corporate Values In Sub-Sector Automotive Company Listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) Period 2011-2015. Under the guidance of Drs. BambangSudarsono, M.M and R. GatotHeruPranjoto, S.E, M.M. The main objective of the company is to maximize stakeholder's prosperity, this can be achieved by maximizing the value of the company. But sometimes a company fails to increase the value of the company, which is one of the causes are less conscientious companies in applying the factors that affect the value of the company.This makes the company's performance is viewed poorly by stakeholder'snya.The purpose of this study was conducted to determine the effect of variable Price Earning Ratio (PER), Capital Structure, size and profitability of the Company's Corporate Value proxied by PBV (Price Book Value). The research sample is a sub-company of the automotive sector listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) Period 2011-2015 with a sample of five companies using purposive sampling method. While the methods of analysis used is the classic assumption test and test hypotheses and multiple linear regression analysis. The results showed that (1) Price Earning Ratio (PER) has a positive impact and no significant effect on the value of the company, (2) the capital structure has a positive impact and no significant effect on the value of the company,3) The size of the Company has a significant negative effect on the size of the company, (4) Profitability has a positive impact and no significant effect on the value of the company. Simultaneously all independent variables in this study had no significant effect on firm value.Then regression estimation results signify the predictive capacity of all four independent variables are the enterprise value of 17.9%, while the remaining 82.1% is influenced by other factors outside the model that are not included in this analysis. Keywords: Value of Companies, Price Earning Ratio (PER), Capital Structure, Company Size and Profitability