Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : DUMAIRI
    Dosen Pembimbing I : Fathor AS,SE.,MM
    Dosen Pembimbing II :Fudhi Prasetya mada, SE.,MM
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand equity yang terdiri dari variabel brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyality berpengaruh baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel manakah yang yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi (Studi kasus mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purpossive dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji F, dan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi dengan nilai t hitung > t tabel (2,236>1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05, Brand Association (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi dengan nilai t hitung > t tabel (2,979>1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05, Perceived Quality (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi dengan nilai t hitung > t tabel (2,073>1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,041 < 0,05, Brand Loyality (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi dengan nilai t hitung > t tabel (2,195>1,985) dan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05, dan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi adalah brand association. Secara simultan Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyality secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi dengan nilai F hitung sebesar 6,757 > F tabel 2,47 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Kata Kunci: ekuitas merek, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan keputusan pembelian.

    Abstraction

    The purpose of this research was to determine the effect of brand equity consists of variable brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty affect either partially or simultaneously and to determine which variables are the most dominant influence on purchasing decisions smartphone Xiaomi (Study on Students of Trunojoyo University of Madura). This research uses a quantitative method, sampling method used is purposive sampling with a sample size of 100 respondents. The analysis used in this study is used validity, reliability test, normality test, multicollinearity, heterocedasticity test, multiple linear regression, coefficient determination test, F test, and test T. Based on the results showed that the variables Brand Awareness (X1) positive and significant impact on purchasing decisions smartphone Xiaomi with t count > t table (2.236>1.985) and a significant value of 0.028 <0.05, Brand Association (X2) has positive and significant influence on purchasing decisions smartphone Xiaomi with a value of t > t table (2.979> 1.985) and a significant value of 0.004 < 0.05, Perceived Quality (X3) positive and significant impact on purchasing decisions smartphone Xiaomi with t count > t table (2.073>1.985) and a significance value of 0.041 < 0.05, Brand Loyalty (X4) positive and significant impact on purchasing decisions smartphone Xiaomi with a value of t > t table (2.195>1.985) and a significance value of 0.031 < 0.05, and the most dominant variables that influence on purchasing decisions smartphone Xiaomi is brand association. Simultaneously Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality and Brand Loyalty jointly influence on purchase decisions smartphone Xiaomi with calculated F value of 6.757 > F table of 2.47 with a significance of 0.000 <0.05. Keywords: brand equity, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty and purchasing decisions.

Detail Jurnal