Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Atribut Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Batik Madura (Studi pada Toko Batik Belva Kec. Burneh Kab. Bangkalan)Penulis : Ikhwan OktafiansyahDosen Pembimbing I : Dr.H.Pribanus Wantara, Drs., M.M.Dosen Pembimbing II :Dr. A. Yahya Surya Winata, S.E., M.Si.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk dan promosi terhadap minat beli batik Madura. Penelitian ini dilaksanakan di rumah toko batik Belva di Kec Burneh Kab. Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi dimana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada 96 responden. Selanjutnya dari data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji reliablitas, uji regresi linier berganda, uji t, dan uji koefisiensi determnasi. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan incidental sampling, dan dianalisis dengan regresi linier berganda dengan menggunakan software komputer SPSS. Dari hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh persamaan regresi. Dari persamaan tersebut diketahui bahwa variabel atribut produk dan promosi berpengaruh terhadap minat beli batik Madura pada toko batik Belva di Kec. Burneh Kab. Bangkalan. Dari hasil uji t yang dilakukan diketahui bahwa besarnya nilai t hitung variabel atribut produk dan promosi harus lebih besar dari dari t tabel, menyatakan variabel atribut produk dan promosi berpengaruh signifikan, baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli batik Madura pada toko batik Belva. Kata kunci: Pemasaran, Atribut Produk, Promosi dan Minat beli
AbstractionThe purpose of this study is to explain the effects of product attributes and promotion toward purchase intention of Madurese Batik. This study was conducted at the home industry of Belva Batik Shop in District Burneh, Bangkalan. The method of collecting the data in this study is observation, interviews, and questionnaires. This study applied a study method where the data are obtained through the distribution of questionnaires on 96 respondents. Furthermore, the data obtained are tested through validity test, reliability test, multiple linear regression test, T-test, and coefficient of determination test. This study applied incidental sampling as the sampling technique and is analyzed through multiple linear regression using SPSS computer software. The regression equation is then obtained from the results of data analysis that has been conducted. From the equation, it is known that the variables of product attributes and promotion affect the purchase intention of Madurese Batik at Belva Batik Shop in District Burneh, Bangkalan. From the result of T-test, it is known that the value of t-count variables of product attributes and promotion must be higher than the t-table. The variables of product attributes and promotion have significant effects to the purchase intention of Madurese Batik at Belva Batik Shop, either partially or simultaneously. Keywords: Marketing, Product Attributes, Purchase Intention