Detail Karya Ilmiah

  • PERAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERKOPERASIAN DALAM USAHA MENINGKATKAN KINERJA KUD SEMBADA KECAMATAN PUSPO KABUPATEN PASURUAN
    Penulis : ASRUL ANDI
    Dosen Pembimbing I : Dra. Hj.S. Anugrahini Irawati, MM
    Dosen Pembimbing II :Faidal, SE.,MM
    Abstraksi

    Keberhasilan dan kegagalan suatu KUD (Koperasi Unit Desa) dapat dilihat dari salah satu faktor, yaitu faktor SDM (Sumber Daya Manusia). Keunggulan dalam bersaing KUD SEMBADA dapat ditentukan oleh kualitas SDM-nya. Dalam hal ini pendidikan dan pelatihan mempunyai peran yang sangat penting untuk dapat menciptakan SDM yang berkualitas sehingga dapat mencapai kinerja KUD (Koperasi Unit Desa) yang baik dan mampu bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan serta metode yang akurat dalam melaksanakan program pendidikan dan pelatihan dan perkembangan KUD (Koperasi Unit Desa) sebelum dan sesudah mengikuti pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, untuk membuktikan keabsahan data digunakan standar kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis data digunakan melalui tahap pengumpulan data hasil penelitian reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan di KUD SEMBADA Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan dilakukan setiap tahun dua kali. Program ini dapat mendukung pekerjaan, meningkatkan kreativitas karyawan dalam melaksanakan tugas, dan mampu mengelola KUD(Koperasi Unit Desa) dengan manajemen yang baik. Pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan tidak hanya untuk karyawan dan pengurus akan tetapi juga untuk anggota KUD SEMBADA. Dari metode yang di gunakan yaitu penjelasan, tanya jawab, dan praktek langsung di lapangan. Metode tersebut adalah metode yang akurat untuk memberikan pemahaman bagi para peserta program pendidikan dan pelatihan untuk perkembangan kinerja KUD (Koperasi Unit Desa). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa program pendidikan dan pelatihan dilaksanakan secara rutin oleh Dinas Koperasi namun juga dilaksanakan secara mandiri oleh koperasi yang bersangkutan. Metode yang digunakan sangat akurat dalam tujuan meningkatkan pemahaman terhadap perkoperasian dan program pendidikan dan pelatihan mampu meningkatkan kinerja koperasi dari segi karyawan, pengurus, serta anggota. Kata kunci: Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja

    Abstraction

    The success and failure of a KUD (Cooperative Village Unit) can be seen from one of the factors, namely the HR factor (Human Resources). Excellence in competing KUD SEMBADA can be determined by the quality of its human resources. In this case education and training has a very important role to be able to create quality human resources so as to achieve good and competent KUD (Cooperative Village Unit) performance. The purpose of this research is to know the implementation of education and training program and accurate method in implementing education and training program and KUD (Cooperative Village Unit) development before and after attending education and training. This research uses qualitative approach by using interview and documentation method, to prove the validity of data used standard of credibility, transferability, dependability, and konirmabilitas. Data analysis is used through the data collection stage of data reduction and conclusion drawing. The results showed the implementation of educational and training programs in KUD SEMBADA PUSPO District Pasuruan conducted twice every year. This program can support the work, increase the creativity of employees in carrying out the task, and able to manage the KUD (Cooperative Village Unit) with good management. Implementation of education and training programs not only for employees and administrators but also for members of KUD SEMBADA. From the method used is explanation, question and answer, and practice directly in the field. The method is an accurate method to provide an understanding for the participants of education and training programs for the development of KUD (Cooperative Village Unit) performance. Based on the research, it can be concluded that education and training programs are carried out routinely by Dinas Koperasi but also carried out independently by the cooperatives concerned. The method used is very accurate in the purpose of improving the understanding of cooperatives and education and training programs are able to improve the performance of cooperatives in terms of employees, managers, and members. Keywords: Education and Training, Performance

Detail Jurnal