Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PERBANDINGAN PENGARUH PERANAN MANAJEMEN PIUTANG, MANAJEMEN PERSEDIAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS ANTARA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI DENGAN PERUSAHAANPenulis : APRILIYANTODosen Pembimbing I : Dr. Chairul Anam, Drs. Ec., M.KesDosen Pembimbing II :Drs.Ec Makhmud Zulkifli, MSiAbstraksi
Apriliyanto. 2017. Analisis Perbandingan Pengaruh Peranan Manajemen Piutang, Manajemen Persediaan, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Antara Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi dengan Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibawah bimbingan Dr. Choirul Anam, Drs. Ec., M.Kes dan Drs Ec.Makhmud Zulkifli, M.Si. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh serta perbandingan peranan perputaran piutang, periode pengumpulan piutang, perputaran persediaan, rata-rata hari persediaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi dan Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri. Pengujian instrument menggunakan uji asumsi klasik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui hipotesis adalah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Uji t dan Uji F serta Uji beda dengan menggunakan uji deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0.217 dan 0.277, yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 21,7% pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi dan 27,7 % pada perusahaan manufaktur sektor aneka industry. Hasil Uji t menunjukkan variabel perputaran piutang dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi, sedangkan pada perusahaan manufaktur sektor aneka industry variabel rata-rata hari persediaan dan pertumbuhan penjualan yang berpengaruh signifikan terhadap ROA. Sementara periode pengumpulan piutang dan perputaran persediaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA pada kedua sektor perusahaan. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap ROA pada kedua sektor perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh peranan manajemen piutang, manajemen persediaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap Profitabilitas antara Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi dan Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri . Kata kunci: Return On Assets (ROA), perputaran piutang, periode pengumpulan piutang, perputaran persediaan, rata-rata hari persediaan, dan pertumbuhan penjualan
AbstractionApriliyanto. 2017. The Comparative Analysis Of The Influence Receivable Management, Inventory Management, And Growth Sales Toward Profitability Between Consumption Manufaktur Sector Company With Various Manufactur Sector Company Those Are Listed In Indonesia Stock Exchange (IDX). The advisors are Dr. Choirul Anam, Drs. Ec., M.Kes dan Drs Ec.Makhmud Zulkifli, M.Si. The aims of this study are to know the influence and comparation of receivable turnover, average collection period, inventory turnover, average day’s inventory, and growth sales toward profitability between Consumption Manufaktur Sector Company With Various Manufactur Sector Company. The trial instrument used classic assumption experiment, whereas the technique of the data analysis to know the hypotheses used multiple linear regression analysis by using t–statistic and F-statistic as well as different experiment by using descriptive statistic. Based on the results of this study show that the grade of R Square as many as 0,217 and 0,277, which mean that the huge influence of unimpeded variabel towards tied variabel is 21,7% at Consumption Manufactur Sector Company and 27,7% at Various Manufactur Sector Company. The result of t-statistic shows that variabel of receivable turnover and growth sales are significantly influenced toward ROA at Consumption Manufaktur Sekctor Company, whereas at Various Manufactur Sector Company the average day’s inventory and growth sales which are significantly influenced ROA. Meanwhile, the average collection period and and inventory turnover have not significantly influence toward ROA for both sector companies. The result of F-statistic show that all of the independent variables are significantly influenced toward ROA to both sector companies. This result shows that there are the difference influences of receivable management, inventory management, and growth sales toward profitability between Consumption Manufaktur Sector Company With Various Manufactur Sector Company. Keywords: Return On Assets (ROA), receivable turnover, average collection period, inventory turnover, average day’s inventory, and growth sales