Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indosat IM3 Ooredoo (Studi pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura).Penulis : Hadi PrayitnoDosen Pembimbing I : Nirma Kurriawati, SP.,M.SiDosen Pembimbing II :Yudi Prasetya Mada, SE.,MM.Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui apakah media iklan yang terdiri dari media cetak, media elektronik, dan media outdoor berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Indosat IM3 Ooredoo. (2) Ingin mengetahui media iklan manakah yang dominan terhadap keputusan pembelian produk Indosat IM3 Ooredoo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui pengaruh media iklan terhadap keputusan pembelian produk Indosat IM3 Ooredoo. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel independen yang digunakan terdiri dari tiga variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa media iklan yang terdiri dari iklan media cetak iklan, media elektronik, dan media outdoor berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk Indosat IM3 Oordoo, dan variabel iklan media elektronik berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk IM3 Ooredoo. Kata Kunci : Media Iklan dan Keputusan pembelian.
AbstractionThe purposes of this study are: (1) To know about the simultaneously influence of advertising media such as the print, electronic, and outdoor media to buying decision of Indosat IM3 Oredoo’s product. (2) To know the most dominant advertising media that influence to buying decision of Indosat IM3 Oredoo’s product. This study uses a quantitative method to analyze the influence of advertising media to buying decision of Indosat IM3 Oredoo’s product. The researcher uses sampling technique that called accidental sampling to analyze this research. The result of this research is the researcher finds 97 respondents. To confirm the validity of the data, the researcher check the data uses three instruments; as validity, rehabilitee and classical assumption. While the data analysis technique that uses multiple linear regression analysis as independent variable used consisted of three variables, the f test and t test. Based on the observation above, the researcher conclude that all of advertising media that consist of the print, electronic, and outdoor media have similar influence to buying decision of Indosat IM3 Oredoo’s product. The next result is the most dominant media that influence to buying decision of Indosat IM3 Oredoo’s product is print media. Keywords: Advertising Media and Purchase decision