Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SURYA ALAMI (Studi pada Masyarakat Desa Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan)Penulis : EVA SUSANTI WULANDARIDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, MMDosen Pembimbing II :Yustina Chrismardani, SSi, MM.Abstraksi
Eva Susanti Wulandari, Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Masyarakat Desa Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan), dibawah ini bimbingan Dr. Ir. Nurita Andriani, MM dan Yustina Chrismardani,SSi, MM. Konsumsi rokok Indonesia, dikategorikan sebagai negara dengan konsumsi rokok terbesar kelima sampai ketiga di dunia. Mencapai 250 miliar batang penjualan pada tahun lalu, sementara produksinya mencapai 270 miliar batang dengan nilai cukai Rp85 triliun juga pada tahun lalu. Pada era globalisasi salah satu dampak dari majunya dunia usaha adalah meningkatkan persaingan antar pelaku usaha tersebut. Konsekuensinya memaksa perusahaan-perusahaan untuk mencari berbagai cara guna meningkatkan daya saing sehingga dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Upaya efisiensi kelangsungan usaha harus terus ditingkatkan dengan mempertahankan kualitas produk dan juga pemasarannya. Hal ini perusahaan harus berinovasi dengan segala hal apa yang dibutuhkan maka ini menjadi syarat bagi produsen untuk mempertahankan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui variabel Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey jumlah sampel 97 konsumen. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari kulitas produk dan harga sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan non probability sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilias dan uji Asumsi Klasik. Metode Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai R Square sebesar 78,6% dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan harga (independen) Dalam persamaan regresi linier berganda. Sedangkan sisanya sebesar 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji t variabel kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok Surya Alami pada masyarakat Desa Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan uji t variabel harga yang lebih besar berpengaruh terhadap keputusan pembelian rokok Surya Alami pada masyarakat Desa Duko Timur Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Kata kunci : kualitas produk, harga dan keputusan pembelian.
AbstractionEva Susanti Wulandari, Influence of Product Quality And Price to the Purchase Decision. (Study in Rural Community East Duko Village, Larangan District, Pamekasan Regency) under the guidance of Dr. Ir. Nurita Andriani, MM and Yustina Chrismardani, SSi, MM. Indonesian cigarette consumption is categorized as the fifth largest country in cigarette consumption up to third in the world. Sales reached 250 billion cigarettes, while production reached 270 billion cigarettes with excise value of Rp85 trillion in the last year. In globalization era, one of the effects of the advanced world in business is to increase competition among business actors. Consequently it force companies to look for ways to improve competitiveness to maintain the continuity of their business. Business continuity efficiency efforts must be increased to maintain the quality of products and marketing. The company must have innovation with all of thing are needed so that it become a requirement for manufacturers to retain the customers. The purpose of this study are to know variable product quality and price of the purchase decision. This research use quantitative approach by using 97 consumer as the sample. In this study, the independent variables consist of the quality of their products and prices while the dependent variable is the purchase decision. The method used non-probability sampling. For testing instrument using validity test and Reliabilias Classical Assumption test. Data analysis method to test the hypothesis use multiple linear regression by T test. The results are variable value of R Square figures show that 78.6%, it means that the variation purchasing decisions can be explained by the variable quality of the product and price (independent) in a multiple linear regression equation. While 21.4% is explained by other variables outside of two variables in this study. Based on t-test variable product quality and price of cigarettes influence on purchase decisions Surya Alami cigarette in the communities East Duko village Larangan District Pamekasan Regency. Based on t test, variable price have greater influence on purchase decisions Surya Alami cigarette in the communities in East Duko Village Larangan District Pamekasan Regency. Keywords: quality, price and purchasing decisions.