Detail Karya Ilmiah
-
Investigasi Orientasi Pasar Pada Produsen Terasi Di Desa Macajah Kabupaten BangkalanPenulis : Barep Sofyan AffandyDosen Pembimbing I : Dr. Mohammad Arief, SE., MMDosen Pembimbing II :Yustina Chrismardani, SSi., MMAbstraksi
ABSTRAK Barep Sofyan Affandy, Investigasi Orientasi Pasar Pada Produsen Terasi Di Desa Macajah Kabupaten Bangkalan. Dibawah bimbingan Dr. Mohammad Arief, SE., MM dan Yustina Chrismardani, SSi., MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui orientasi pasar (orientasi pada pelanggan, orientasi pada pesaing, koordinasi antar fungsi) produsen terasi di Desa Macajah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh atau sensus, dan dianalisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) produsen terasi di Desa Macajah menunjukkan bahwa secara umum produsen terasi Desa Macajah telah menunjukkan perilaku yang berorientasi pada pasar, (2) produsen terasi di Desa Macajah menunjukkan bahwa secara umum produsen terasi Desa Macajah telah menunjukkan perilaku yang berorientasi pada pelanggan, (3) Peneliti menemukan bahwa dalam menggunakan dimensi orientasi pesaing, untuk meneliti perusahaan dengan skala kecil atau usaha kecil menengah tidak diperlukan item informan berbagi informasi tentang pesaing, (4) Produsen terasi di Desa Macajah menunjukkan bahwa secara umum produsen terasi Desa Macajah telah menunjukkan perilaku yang berorientasi pada pesaing, (5) Produsen terasi Desa Macajah menunjukkan bahwa tidak melakukan dimensi koordinasi antar fungsi sebagaimana mestinya, (6) Produsen terasi Macajah tidak memiliki sistem informasi yang jelas dan dalam menjalankan proses produksi karyawan seluruhnya mengerjakan tugas, tidak terbagi menjadi bagian-bagian tertentu, (7) Dimensi koordinasi antar fungsi dengan item berbagi informasi diantara fungsi dan integrasi fungsional dalam strategi, untuk meneliti pada perusahaan kecil atau usaha kecil menengah sebaiknya tidak digunakan. Kata kunci : orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi antar fungsi.
AbstractionABSTRACT Barep Sofyan Affandy, Investigation of Market Orientations on Terasi Producers in Macajah Village Bangkalan Regency. Under the guidance of Dr. Mohammad Arief, SE., MM and Yustina Chrismardani, SSi., MM. The objective of this study is to know the market orientations (consumer orientation, competitor orientation, coordination between functions) of terasi producers in Macajah Village. This study uses qualitative research method. Sampling technique uses saturated sample or census that analyzed by using data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of this study are (1) generally, terasi producers in Macajah Village have shown the market-oriented behavior, (2) generally, terasi producers in Macajah Village have shown the customer-oriented behavior, (3) The writer finds that in using dimensions of competitor orientation to analyze companies with small scale or small and medium enterprises, informants item is not required in sharing information about the competitors, (4) generally, terasi producers in Macajah Village have shown the competitor-oriented behavior, (5) terasi producers in Macajah Village show that they do not carry out the dimensions of interfunctional coordination properly, (6) terasi producers in Macajah do not have clear information systems in running the production process, the employees do all works without divided into certain parts of work, (7) dimensions of interfunctional coordination with an item to share information among functions and functional integration in the strategy should not be used to analyze the small companies or small and medium enterprises. Keywords: market orientation, consumer orientation, competitor orientation, interfunctional coordination.